Sikap Guru Terhadap Pendidikan Inklusif di TK Kota Palangka Raya

Gloria Karolina, Elisabeth Fransisca Saragi Sitio, Wahyuni Christiany Martono

Authors

  • gloria karolina gloria -

DOI:

https://doi.org/10.36873/jph.v20i1.15204

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) sikap guru terhadap aspek kognitif, (2) sikap guru terhadap aspek afektif, dan (3) sikap guru terhadap aspek konatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel ini menggunakan Purposive Sampling.  Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 guru.

Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa sikap guru terhadap  pendidikan inklusif positif. Instrumen yang digunakan untuk mengukur sikap guru terhadap Pendidikan inklusif adalah multidimensional Attitude Toward Inclusive Education Scale (MATIES) sikap guru dalam aspek kognitif terhadap pendidikan inklusif positif (59%). Sikap guru dalam aspek afektif terhadap pendidikan inklusif positif (52%). Sikap guru dalam aspek konatif terhadap pendidikan inklusif  positif (56%). Sikap guru terhadap pendidikan inklusif (Kognitif, afektif, konatif ) positif (52%). Keterbatasan masalah dalam penelitian ini kemungkinan terjadi bias sebagai akibat dari adanya perbedaan persepsi antara peneliti dengan responden terhadap pertanyaan yang diajukan. Dalam penelitian selanjutnya, disarankan perlunya dilakukan triangulasi penelitian tidak hanya dari self report dari guru tetapi juga melalui wawancara dan observasi langsung.

Kata Kunci : Guru, Sikap Kognitif Afektif Konatif, Pendidikan Inklusif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-08-12

How to Cite

gloria, gloria karolina. (2024). Sikap Guru Terhadap Pendidikan Inklusif di TK Kota Palangka Raya: Gloria Karolina, Elisabeth Fransisca Saragi Sitio, Wahyuni Christiany Martono. Jurnal Pendidikan Dan Psikologi: Pintar Harati, 20(1). https://doi.org/10.36873/jph.v20i1.15204