10.36873/jph.v16i2.2239 IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOLABORATIF DARING (ONLINE COLLABORATIVE LEARNING) DALAM RANGKA PEMBENTUKAN DUKUNGAN SOSIAL MAHASISWA PG PAUD FKIP UNIVERSITAS PALANGKA RAYA
Cahaya Afriani Napitupulu, Kartika Ananda, Rayne Praticia, Via Wulan Rahmadini
DOI:
https://doi.org/10.36873/jph.v16i2.2239Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan Pembelajaran Kolaboratif Daring (Online Collaborative Learning) Dalam Rangka Pembentukan Dukungan Sosial Mahasiswa PG PAUD pada Masa Pandemi Covid 19. Selain itu dalam penelitian ini, peneliti membandingkan Dukungan Sosial yang diperoleh Mahasiswa sebelum dan sesudah dimplementasikan Pembelajaran Kolaboratif Daring (Online Collaborative Learning). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang diperoleh dari perhitungan Uji Beda angket Pretest dan Post Test, serta metode kualitatif yang diperoleh dari Focus Group Discussion (FGD). Berdasarkan hasil analisis menggunakan Paired Sample T Test terhadap angket pretest dan post test menunjukkan sigma hitung < dari 0.05 (0.00 < 0.05), sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan Dukungan Sosial yang diperoleh mahasiswa PG PAUD sebelum dilaksanakan penelitian dan sesudah dilaksanakan penelitian. Sedangkan berdasarkan hasil Focus Group Discussion (FGD), Implementasi Pembelajaran Kolaboratif Daring (Online Collaborative Learning) dirasakan manfaatnya oleh mahasiswa, antara lain: 1) pembelajaran jauh lebih menyenangkan; 2) tidak merasa tegang dan tertekan; 3) rilex dalam proses pembelajaran namun tetap fokus; 4) setiap mahasiswa menjadi lebih terbuka satu sama lain baik dengan teman maupun dengan peneliti; 5) merasa dilibatkan dan dihargai karena setiap individu berkolaborasi dan berpartisipasi; 6) menjadi lebih termotivasi; serta 7) mampu menciptakan rencana, ide dan gagasan yang bermanfaat.
Kata Kunci: Pembelajaran Kolaboratif, Daring, Dukungan Sosial