10.36873/jph.v17i1.3322 PENGARUH PERMAINAN GOBAK SODOR TERHADAP KERJASAMA ANAK KELOMPOK B TK INTAN SARI PALANGKA RAYA TAHUN AJARAN 2019/2020
Riri Dwiani, Rusmaladewi Rusmaladewi, Sophia Oktavia Balimulia
DOI:
https://doi.org/10.36873/jph.v17i1.3322Abstract
ABSTRAK
Kerjasama (coorperation), yaitu sikap mau bekerjasama dengan kelompok. Anak yang berusia dua atau tiga tahun belum berkembang sikap kerja samanya. Mulai usia tiga tahun akhir atau empat tahun, anak sudah mulai menampakkan sikap kerja samanya dengan anak lain. Pada usia enam atau tujuh tahun, sikap kerja sama ini sudah berkembang dengan lebih baik lagi. Namun, sebagian anak masih belum dapat bekerjasama dengan temannya dan juga tidak bisa berbagi dalam kelompok terlihat dalam hal mengerjakan tugas kelompok anak masih berebutan potongan kertas, lem, gambar dalam kegiatan kolase dan saling berebut bermain balok. Anak tidak terlihat aktif, terlihat dari kurangnya interaksi anak ketika menyelesaikan tugas kelompok, anak tidak mau membantu mengerjakan tugas kelompok bahkan hanya melihat temannya bekerja. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh permainan gobak sodor terhadap kemampuan kerjasama anak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode eksperimen. Sampel adalah anak kelompok B TK Intan Sari Palangka Raya yang berjumlah 17 orang. Data dikumpulan dengan lembar observasi yang berisi 3 aspek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung adalah 5,85, ttabel dengan taraf signifikan yaitu 5% (2,120). thitung 5,85 > ttabel 2,120. Berdasarkan hasil tersebut maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian Permainan Gobak Sodor Berpengaruh Terhadap Kemampuan Kerjasama pada Anak Kelompok B TK Intan Sari Palangka Raya tahun Ajaran 2019/2020.
Kata Kunci: Permainan, Kerjasama, Anak Usia Dini