PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA ANAK USIA DINI BERBASIS KEARIFAN LOKAL

Kartika Ananda, Sophia Oktavia Balimulia, Elisabeth Fransisca Saragi Sitio, Wahyuni Christiany Martono, Natallina Evana

Authors

  • Adminpintarharati

DOI:

https://doi.org/10.36873/jph.v17i2.4245

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan atau research and development (R & D) dengan 10 tahapan yang dikemukakan oleh Borg & Gall(1989) dan dikembangkan kembali oleh peneliti, yaitu 1) Studi pendahuluan; 2) Perencanaan; 3) Pengembangan produk awal; 4) Uji Validasi; 5) Revisi Hasil Validasi; 6) Uji Awal; 7) Revisi Produk; 8) Uji Lapangan; 9) Penyempurnaan produk akhir; 10) Diseminasi dan Implementasi. Pada penelitian ini peneliti menyusun dan mengembangkan modul yang dirancang berbasis kearifan lokal agar memudahkan guru dalam mengimplementasikan dan melestarikan kearifan lokal pada anak, sebagai upaya penanaman nilai (value) bagi anak secara berkelanjutan. Modul yang telah disusun ini menggabungkan pembelajaran matematika anak usia dini dan kearifan lokal yang difokuskan pada tumbuhan khas Kalimantan Tengah. Modul ini selanjutnya diberi judul “Modul Pengembangan Matematika Anak Usia Dini Berbasis Kearifan Lokal”. Berdasarkan hasil validasi ahli desain modul diperoleh presentase 90%, dengan kualifikasi modul sangat layak digunakan, serta validasi ahli materi diperoleh presentase 88%, dengan kualifikasi modul sangat layak digunakan. Sedangkan dari hasil uji awal yang dilakukan pada 3 guru PAUD diperoleh presentase 79,33% dengan kualifikasi modul layak digunakan. Dan hasil uji lapangan yang dilakukan pada 30 guru PAUD diperoleh kenaikan presentase sebesar 81,3% dengan kualifikasi modul layak digunakan sebagai panduan dan bahan ajar matematika anak usia dini serta mengenalkan tumbuhan khas Kalimantan Tengah.

Kata Kunci: Modul, Matematika Anak Usia Dini, Kearifan Lokal, Kalimantan Tengah

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-03-09

How to Cite

Adminpintarharati. (2022). PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA ANAK USIA DINI BERBASIS KEARIFAN LOKAL : Kartika Ananda, Sophia Oktavia Balimulia, Elisabeth Fransisca Saragi Sitio, Wahyuni Christiany Martono, Natallina Evana. Jurnal Pendidikan Dan Psikologi: Pintar Harati, 17(2), 32–43. https://doi.org/10.36873/jph.v17i2.4245

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>