Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Sopan Santun pada Anak Sekolah Dasar di Era Post-Covid 19

Dhimas Taruna Prayoga, Salsabila Nisrina Fitri, Nelli Ardiyanti Br Silalahi & Nafiisah Satiya Sari

Authors

  • Nur Addiena Fatihah UIN Sunan Kalijaga
  • Luthfi Fuadi UIN Sunan Kalijaga
  • Annida Aula Rahmah UIN Sunan Kalijaga

Keywords:

Orang Tua, Pendidikan Karakter, Sopan Santun

Abstract

Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia menyebabkan pembelajaran harus dilakukan secara daring. Salah satu dampak yang ditimbulkan yaitu meningkatnya intensitas penggunaan gadget pada siswa. Hal ini membawa dampak negatif terhadap karakter siswa dan salah satunya yaitu penurunan karakter sopan santun. Untuk itu, orang tua memiliki tugas untuk membangun karakter sopan santun yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua dalam pendidikan karakter sopan santun pada anak tingkat Sekolah Dasar di era post Covid-19. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara dan observasi di lapangan. Subjek dari penelitian ini  adalah orang tua yang memiliki anak berusia Sekolah Dasar di Kabupaten Sleman dan Kabupaten Bantul sejumlah tiga orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orang tua memiliki peran penting dalam mengajarkan sopan santun kepada anak. Peran-peran tersebut adalah peran dalam mengajarkan adab dan sopan santun, peran dalam melakukan pembiasaan, peran sebagai role model, dan peran dalam pengawasan dan penyaringan. Setelah masa pandemi, yang menjadi fokus orang tua dalam pembentukan karakter anak saat ini khususnya adalah karakter sopan santun, misalnya tata krama saat meminjam, dll. Salah satu faktor menurunnya sopan santun anak juga disebabkan oleh pengaruh buruk teman-temannya yang mendapat pengaruh buruk karena gadget. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu orang tua memiliki peran krusial dalam mengajarkan sopan santun kepada anak. Selain karena intensitas pengggunaan gadget, penurunan nilai karakter sopan santun juga disebabkan oleh pengaruh dari teman-teman yang ada di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-07-08

How to Cite

Fatihah, N. A., Fuadi, L., & Rahmah, A. A. (2024). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Sopan Santun pada Anak Sekolah Dasar di Era Post-Covid 19: Dhimas Taruna Prayoga, Salsabila Nisrina Fitri, Nelli Ardiyanti Br Silalahi & Nafiisah Satiya Sari. Jurnal Pendidikan Dan Psikologi: Pintar Harati, 20(1). Retrieved from https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JPH/article/view/8123