PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA KOMPETENSI MENJELASKAN PRINSIP KERJA SISTEM PELUMAS DI SMK NEGERI 1 PALANGKA RAYA

Authors

  • Mira Sentia Universitas Palangka Raya
  • Debora
  • Harie Satiyadi Jaya

DOI:

https://doi.org/10.37304/jptm.v2i2.1184

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa, aktivitas siswa dan guru, serta respon siswa terhadap model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel untuk penelitian ini adalah 31 siswa kelas XI Teknik Sepeda Motor SMK Negeri 1 Palangka Raya. Data diperoleh dari pre-test dan post-test, angket respon siswa, lembar observasi aktivitas siswa dan guru. Hasil penelitian didapatkan nilai ketuntasan klasikal 83,87%. Aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran berlangsung dengan “Baik”. Sedangkan, respon siswa terhadap model pembelajaran discovery learning adalah “Sangat Baik”

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aritonang, K. T. (2008). Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. (10), 11–21.

Ariprabowo, M.Suardi, T. (2017). Dasar-Dasar Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Parama Ilmu.

Kristin, F., & Rahayu, D. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas 4 SD. Scholaria?: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p84-92

Marleni, L. (2016). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELAJAR. 1(1), 149–159.

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar (Cet. VI; S. Budi, ed.). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sisdiknas, U. N. 2 T. 1989. (1989). hal. 1. 1–27

Downloads

Published

2021-03-05