RESPON MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.37304/jptm.v2i1.1661Keywords:
Pembelajaran Online, Media Pembelajaran Daring, COVID-19Abstract
Pandemi COVID-19 telah mempengaruhi semua aspek kehidupan termasuk pendidikan. Pembelajaran yang awalnya klasikal secara offline secara mendadak berubah menjadi pembelajaran daring (dalam jaringan) atau online. Pembelajaran daring menjadi masalah bagi semua termasuk mahasiswa, karena kebanyakan mereka melakukan online di daerah masing-masing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19 di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Responden penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan yang berjumlah 63 orang. Pengumpulan data menggunakan kuisoner. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Aspek motivasi dalam mengikuti pembelajaran daring termasuk dalam kategori baik, (2) Aspek bahan ajar yang digunakan termasuk dalam kategori cukup, (3) Aspek pelaksanaan pembelajaran termasuk dalam kategori cukup, (4) Aspek evaluasi dan hasil belajar termasuk dalam kategori cukup, dan (5) Aspek masalah yang dihadapi termasuk dalam kategori tinggi.
Downloads
References
Al-Rahmi, A. M. Z. (2017). A Model of Using Social Media For Collaborative Learning to Enhance Learners. J. King Saud Univ. - Comput. Inf. Sci., 29, 526–535.
Aminoto, T, & Pathoni, H. (2014). Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi Di Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi. Sainmatika, 8(1).
Ceresia, F. (2016). Interactive Learning Environments (ILEs) as Effective Tools for Teaching Social Sciences. 217, 512–521. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.02.031
Crawford, A., Saul, W., Mathews, S.R. (2005). Teaching and Learning Strategies For The Thinking Classroom. New York: The International Debate Education Association.
Crengu, ?. (2014). Interactive and Creative Learning of The Adults. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 142, 493–498. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.654
Fathurrohman, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran Modern Konsep Dasar, Inovasi, dan Teori Pembelajaran. Yogyakarta: Garudhawaca.
Hidayati, N., & Wuryandari, A. I. (2013). Media Design for Learning Indonesian in Junior High School Level. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 67(November 2011), 490–499. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.11.354
Linebarger, D. L. (2015). Educational Media: Potentials for Learning. International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences: Second Edition, 6, 246–254. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.92031-2
Michael, O., & A. Jones, S. (2014). Educational Media and Technology Yearbook (Vol. 38; R. Maribe Branch, ed.). New York: Springer.
Mulyono, W. D. (2019). Pengembangan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ilmu Bangunan di kelas X TGB SMK Negeri 7 Surabaya. Seminar Nasional Dinamika Informatika.
Qing, L. L. (2011). Web-Based Collaborative Learning. Procedia Environmental Sciences, 11, 189–192.
Sahasrabudhe, S. K. (2014). Computers & Education Appropriate Media Choice For E-Learning Effectiveness?: Role of Learning Domain and Learning Style. Comput. Educ., 76, 237–249.
Sangsawang, T. (2015). Instructional Design Framework for Educational Media. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 176, 65–80. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.445
Schiering, M. S., Bogner, D., & Buli-holmberg, J. (2011). Teaching and Learning A Model for Academic and Social Cognition. Lanham: Rowman & Littlefield Education.
Slavin, R. E. (2018). Educational Psychology?: Theory and Practice. New York: Pearson.
Suardi, M. (2018). Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Wright, D. E. (2015). Active Learning: Social Justice Education and Participatory Action Research. In Active Learning: Social Justice Education and Participatory Action Research. New York: Routledge.