EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GAMBAR TEKNIK MESIN DENGAN AUTOCAD 2020 DI SMK NEGERI 1 PALANGKA RAYA

Authors

  • Muhammad Noor Fitriyanto SMKN 1 Palangka Raya
  • Yamin Idjar

DOI:

https://doi.org/10.37304/jptm.v2i2.1695

Keywords:

Media Pembelajaran, Autocad, Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas pembelajaran Gambar Teknik Mesin dengan Autocad bila dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan sampel penelitian siswa kelas XI SMK N 1 Palangka Raya. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group. Uji-t dilakukan untuk mengukur efektivitas media pembelajaran menggunakan Autocad dan pembelajaran konvensional berdasarkan kriteria hasil belajarnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa efektivitas pembelajaran dengan Autocad dibanding pembelajaran konvensional mempunyai perbedaan yang signifikan. Pembelajaran Autocad lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada materi Gambar Teknik Mesin kelas XI SMK Negeri 1 Palangka Raya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, F. Rudi. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Menggambar 3 Dimensi pada Standar Kompetensi Menggambar dengan Perangkat Lunak.Skripsi diterbitkan.Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Aksara Maulana,Bagus Abdu. (2014). Penerapan Media Pembelajaran Bangun Tiga Dimensi dan Software Autocaduntuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Diklat Gambar Sket Di SMKN 5 Surabaya.Skripsi diterbitkan.Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Anggraini, Fivit. (2016). Penerapan Media Autocad 3D pada Mata Pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI TGB SMK Negeri 1 Sidoarjo.Skripsi diterbitkan.Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Dunne, Richard. (1996). .Pembelajaran Efektif (Terjemahan). Jakarta.: Grasindo.

Furqan, M. (2007). Media Pembelajaran. http://www.waspada.co.id/serbaserbi/pendidikan/artikel.php

Riduwan. (2013). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta

Sadyadharma. (1984). Sattistika: Nonparametrik, teori-soal-penyelesaian. Cetakan Pertama. Semarang: Satya Wacana.

Setiawan, Abdul Haris. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran CAD Sebagai Penunjang Perkuliahan Pendidikan Teknik Banguanan dan Pembelajaran SMK Jurusan Bangunan.Skripsi diterbitkan.Surakarta: Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta.

Sparrow, L & Swan, P. (2000). Student centred learning: Is it possible?. (On-line). Diakses dari : http://lsn.curtin.edu.au/tlf/tlf200/sparrow.html , pada tanggal 18 Januari 2016 pukul 21.15.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.

Downloads

Published

2021-03-05

How to Cite

Fitriyanto, M. N., & Yamin Idjar. (2021). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GAMBAR TEKNIK MESIN DENGAN AUTOCAD 2020 DI SMK NEGERI 1 PALANGKA RAYA. Steam Engineering, 2(2), 73–78. https://doi.org/10.37304/jptm.v2i2.1695