PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM MATERI PERBAIKAN SISTEM PENDINGIN
DOI:
https://doi.org/10.37304/jptm.v3i1.1877Keywords:
Problem Solving, Sistem PendinginanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran problem solving pada Materi Perbaikan Sistem Pendinginan di SMK Karsa Mulya Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan jumlah sampel 23 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, angket respon siswa, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran problem solving membuat siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Dari angket respon siswa diperoleh 82,07% siswa menyatakan sangat setuju penerapan model pembelajaran problem solving. Hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran problem solving pada Materi Perbaikan Sistem Pendinginan terdapat peningkatan hasil belajar dengan nilai rata--rata sebesar 73,61 dan persentase kelulusan sebesar 91.30%.
Downloads
References
Suprijono. (2015). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Hanafy MS. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidik. 17(1):66-79.
Mbulu, J. (2001). Pengajaran Individual. Malang: Yayasan Elang Mas.
Pane, Dasopang. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH Jurnal Kaji Ilmu-ilmu Keislam.3 (2): 333
Sari, WR. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving dalam Kelompok Kecil untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS di SMAN 9 Malang. Skripsi. Universitas Negeri Malang
Hayati, S. (2017). Belajar Dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Magelang: Graha Cendekia.
Widiyati, E. (2015). Pengelolaan unit produksi di SMK Negeri 1 klaten. Tesis. Universitas Muhammadiyah Surakarta