MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA SMK MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING : STUDI PADA KONSEP IKATAN KIMIA

Authors

  • Ratna Haryani

DOI:

https://doi.org/10.37304/jptm.v2i2.2448

Abstract

Refleksi hasil pembelajaran pada siswa SMK kelas  X TEI-1 pada mata pelajaran konsep ikatan kimia dalam kategori rendah, disebabkan karena keterlibatan siswa dalam pembelajaran belum optimal. Penelitian Tindakan kelas diterapkan untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan motivasi siswa menggunakan model discovery learning. Penelitian ini mengadapt model Tindakan oleh Lewin yang terdiri dari perencanaan, action, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes kompetensi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa model pembelajaran memberikan pengaruh langsung secara positif dengan rata-rata peningkatan pada siklus 1 sebesar 75,60 pada siklus II menjadi 89,87. Temuan berikutnya adalah motivasi belajar siswa dari hasil uji persepsi dalam kategori “kadang-kadang”. Hasil akhir penelitian merekomendasikan bahwa discovery learning memiliki peran penting dalam pembelajaran di sekolah kejuruan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, M., Achmad, A., & Yolida, B. (2015). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 3(6), Article 6. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/9253

Alhadi, S., & Nanda Eka Saputra, W. (2017). The Relationship between Learning Motivation and Learning Outcome of Junior High School Students in Yogyakarta. Proceedings of the 1st Yogyakarta International Conference on Educational Management/Administration and Pedagogy (YICEMAP 2017). 1st Yogyakarta International Conference on Educational Management/Administration and Pedagogy (YICEMAP 2017), Yogyakarta, Indonesia. https://doi.org/10.2991/yicemap-17.2017.23

Ananta, H. (2016). The Effect of Discovery Learning Method Application on Increasing Students’ Listening Outcome and Social Attitude. DINAMIKA ILMU, 16, 291. https://doi.org/10.21093/di.v16i2.552

Cho, M.-H., & Castañeda, D. A. (2019). Motivational and affective engagement in learning Spanish with a mobile application. System, 81, 90–99. https://doi.org/10.1016/j.system.2019.01.008

Costa, C., Cardoso, A. P., Lima, M. P., Ferreira, M., & Abrantes, J. L. (2015). Pedagogical Interaction and Learning Performance as Determinants of Academic Achievement. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 171, 874–881. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.203

Durksen, T. L., Klassen, R. M., & Daniels, L. M. (2017). Motivation and collaboration: The keys to a developmental framework for teachers’ professional learning. Teaching and Teacher Education, 67, 53–66. https://doi.org/10.1016/j.tate.2017.05.011

Edli, H., & Mudjiran, M. (2015). Perbedaan Motivasi dan Keterampilan Belajar Peserta Didik Berprestasi Tinggi dan Rendah Serta Implikasi dalam Bimbingan dan Konseling. Konselor, 4(1), 26. https://doi.org/10.24036/02015416452-0-00

Hurst, S., Arulogun, O. S., Owolabi, ayowa O., Akinyemi, R., Uvere, E., Warth, S., & Ovbiagele, B. (2015). Pretesting Qualitative Data Collection Procedures to Facilitate Methodological Adherence and Team Building in Nigeria. International Journal of Qualitative Methods, 14, 53–64. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4393011/

Jayadiningrat, M. G., Putra, K. A. A., & Putra, P. S. E. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 3(2), 83–89. https://doi.org/10.23887/jjpk.v3i2.22699

Kartikasari, D., Medriati, R., & Purwanto, A. (2018). Penerapan Discovery Learning Model dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Konsep Kalor dan Perpindahan Kalor. Jurnal Kumparan Fisika, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.33369/jkf.1.2.1-7

Li, S., & Zheng, J. (2017). The effect of academic motivation on students’ English learning achievement in the eSchoolbag-based learning environment. Smart Learning Environments, 4(1), 3. https://doi.org/10.1186/s40561-017-0042-x

Nurtanto, M. (2016). Peningkatan Motivasi Dan Prestasi Belajar Dengan Metode Problem Based Learning Pada Pembelajaran Gambar Teknik Melalui Pembelajaran Terbimbing. VANOS Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.30870/vanos.v1i2.1021

Nurtanto, M. (2017). Hubungan tingkat pendidikan keluarga dan asal sekolah terhadap motivasi belajar mahasiswa pendidikan teknik mesin di untirta serang. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.37729/autotech.v9i2.3405

Nurtanto, M., Kholifah, N., Masek, A., Sudira, P., & Samsudin, A. (2021). Crucial problems in arranged the lesson plan of vocational teacher. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 10(1), 345–354. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i1.20604

Sahara, R. (n.d.). Literatur Study: Discovery Learning Teaching Model trough Somatic Auditory Visual Intelectual Approach in Mathematic Teaching. 6.

Triatmojo, E., -, W., & Agustina, Y. (2017). Improving The Motivation and Learning Outcomes Students with Applying “Everyone Is Teacher Here” Learning Method. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, 3(2), 122–130. https://doi.org/10.17977/um003v3i22017p122

Trisnaning, T. W., Cahyati, A., & Wiyanto, W. (2017). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Metode Kooperatif Tipe Learning Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fisika Siswa SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 3(2), 189–196. https://doi.org/10.15294/jpk.v3i2.12274

White, A. M. (2004). Lewin’s Action Research Model as a Tool for Theory Building: A Case Study from South Africa. Action Research, 2(2), 127–144. https://doi.org/10.1177/1476750304043727

Y?lmaz, H., & Yavuz, F. (2015). The Problems Young Learners Encounter During Listening Skills. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 197, 2046–2050. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.570

Downloads

Published

2021-03-05