PERSEPSI DAN TINGKAT KEPENTINGAN PADA KUALITAS PEMBELAJARAN PRAKTIKUM

Authors

  • Aldi Riwanto UPR
  • Wiyogo
  • Ratna Pancawati

DOI:

https://doi.org/10.37304/jptm.v3i1.3105

Keywords:

Kualitas, Kuadran, Diagram Kartesius

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisa kualitas pembelajaran praktikum berdasarkan persepsi dan kepentingan yang diberikan responden. Hasil uji Wilcoxon Signed Rank Test, nilai Z adalah -2,666 dengan p value (Asymp. Sig 2 tailed) sebesar 0,008 yaitu apabila kurang dari batas kritis penelitian 0,05 berarti tidak terdapat perbedaan bermakna antara persepsi dan kepentingan. Pemetaan dengan diagram kartesius  untuk menggambarkan posisi faktor-faktor yang menjadi keinginan responden dan mencari prioritas penting untuk dilakukan perbaikan. Indikator mutu “respon yang cepat terhadap program yang baru”, menjadi prioritas utama perbaikan terdapat pada kuadaran A. Responden merasakan atribut tersebut sangat penting dan mempunyai harapan tinggi, tetapi responden belum merasakan kinerja yang maksimal. Pada usulan prioritas perbaikan, akan  berimplikasi manajerialnya secara keseluruhan pada kuadran A, dan B sehingga tidak terjadi penilaian secara subjektif, yang keterkaitan antara hasil penelitian sesuai analisis kesenjangan, kesesuaian, dan uji beda secara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Appleton-Knapp, S. L., & Krentler, K. A. (2006). Measuring Student Expectations and Their Effects on Satisfaction: The Importance of Managing Student Expectations. Journal of Marketing Education, 28(3), 254–264. doi:10.1177/0273475306293359

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2007). Research Methods in Education (6th ed.). London and New York, NY: Routledge Falmer.

Davies, P. T., Harold, G. T., Goeke-Morey, M. C., Cummings, E. M., Shelton, K., & Rasi, J. A. (2002). I. Introduction and Literature Review. Monographs of the Society for Research in Child Development, 67(3), 1–26. doi:10.1111/1540-5834.00206

Rigano, D. L., & Ritchie, S. M. (1995). Student disclosures of fraudulent practice in school laboratories. Research in Science Education, 25(4), 353–363. doi:10.1007/bf02357382.

Borghi, S., Mainardes, E., & Silva, É. (2016). Expectations of higher education students: a comparison between the perception of student and teachers. Tertiary Education and Management, 22(2), 171–188. doi:10.1080/13583883.2016.1188326

Gusti Ngurah Sastra Agustika, I G. A. Ayu Wulandari, I Nyoman Laba Jayanta (2017). Importance-Performance Analysis Sebagai Alat Evaluasi Kualitas Pelayanan Pendidikan Tinggi (Studi Kasus FIP Universitas Pendidikan Ganesha). Journal of Education Research and Evaluation. Vol.1 (4) pp. 300-y. URL : https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JERE/article/view/13652/8507

Kamisa, 1997. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Kartika.

Kurilovas, E. (2018). On Data-Driven Decision-Making for Quality Education. Computers in Human Behavior. doi:10.1016/j.chb.2018.11.003

Mainardes, E.W., Alves, H., & Raposo, M. (2013). Identifying stakeholders in a Portuguese university: a case study La identificación de los stakeholders en una universidad portuguesa.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 1990. Tentang Pendidikan Dasar.URL: http://www.bphn.go.id/data/documents/90pp028.pdf. Diakses : 02 Februari 2021.

Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Vaiabel-variabel Penelitian. Bandung:Alfabeta

Sallis, Edward. 2006. Total Quality Management in Education. Jogjakarta: IRCiSoD.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta. Sachari.

Supranto, J. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan

Pangsa Pasar (Cetakan keempat). Jakarta : Penerbit PT Rineka Cipta.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. URL.https:// pusdiklat.perpusnas.go.id/public/media/regulasi/2019/11/12/2019_11_12-03_49_06_9ab7e1fa524ba603bc2cdbeb7bff93c3.pdf. Diakses : 10 Januari 2021.

Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999. Tentang Perlindungan Konsumen. URL:https://www. hukumonline.com/pusatdata/detail/447/undangundang-nomor-8-tahun-1999

Uno, Hamzah. 2016. Teori Motivasi & Pengukurannya: Analisis di Bidang

Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Tarigan, Henry Guntur dan Djago Tarigan. 2009. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.

Winarno, Budi. 2007. Kebijakan Publik: Teori Dan Proses. Yogyakarta: Media Pressindo.

Downloads

Published

2021-09-18

How to Cite

Riwanto, A., Wiyogo, & Ratna Pancawati. (2021). PERSEPSI DAN TINGKAT KEPENTINGAN PADA KUALITAS PEMBELAJARAN PRAKTIKUM. Steam Engineering, 3(1), 46–55. https://doi.org/10.37304/jptm.v3i1.3105