KESULITAN BELAJAR PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF (PDTO) SISWA KELAS X SMK PIRI I YOGYAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID -19 TAHUN AJARAN 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.37304/jptm.v3i1.3411Keywords:
Kesulitan Belejar Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif (PDTO)Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kesulitan belajar pada pekerjaan dasar teknik otomotif pada masa pandemic covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian campuran (mix-method). Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Instrument penelitian adalah angket. Hasil uji validasi konstruk yang dilakukan oleh exspert diperoleh bahwa instrument sangat layak digunakan untuk penelitian. Hasil uji validasi dengan menggunakan uji terpakai yang melibatkan sebanyak 29 siswa menunjukan 20 item valid. Hasil uji relibilitas diperoleh nilai Alpha = 0,871 tergolong tinggi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesulitan belajar pada Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif dimasa pandemi covid-19 tergolong rendah. Kesulitan belajar terdiri atas faktor internal dan exsternal dengan kesimpulan sebagai berikut. 1) faktor internal kesulitan belajar pada Pekerjaan Dasar Teknik Otonotif dimasa pandemi covid-19 yang terdiri atas sikap dan motivasi terglong rendah. 2) faktor eksternal, yang terdiri atas factor keluarga factor sekolah, dan faktor masyarakat kesulitan belajar pada Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif dimasa pandemi covid-19 tergolong rendah.
Downloads
References
Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). “Pembelajaran online berbasis proyek salah satu solusi kegiatan belajar mengajar di tengah pandemi covid-19”. Jurnal Ilmiah Profesi pendidikan, 5(1), 64- 70.
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Depdiknas. (2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Hamalik, O. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Harjanto, T., & Sumunar, D. S. E. W. (2018). “Tantangan Dan Peluang Pembelajaran Dalam Jaringan: Studi Kasus Implementas Elok (E-learning: Open For Knowledge Sharing) Pada Mahasiswa Profesi Ners”. Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, 5, 24-28.
Moore JL, Deane, D., Galyen, K. (2011). “E-learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same”. The Internet and Higher Education;14(2):129-35.
Ratnawati, D. (2016). “Kontribusi Pendidikan Karakter dan Lingkungan Keluarga terhadap Soft Skill Siswa SMK”. Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah Vol.01/1/2016.
Hamid, R. (2020). “Online Learning and Its Problems in the Covid-19 Emergency Period”. Jurnal Prima Edukasia, 8 (1), 2020, 86-95.
Lestiyanawati, R. (2020). “Strategies and Problems Faced by Indonesian Teachers in Conducting ELearning System During COVID-19 Outbreak”. CLLiENT Journal (Journal of Culture, Literature, Linguistics and English Teaching) Vol.2, No. 1, Mei 2020.
Rusdiana, E., & Nugroho, A. (2020). “Respon Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Bagi Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Hukum Indonesia UNESA”. Integralistik, 31(1), 1- 12
Saputra, A.E., & Priyanto, S. (2016). “Penerapan Metode Demonstrasi dan Media Film untuk Meningkatkan Keaktifan dalam Pembelajaran dan Prestasi Belajar Sistem Rem”. Jurnal Taman Vokasi Vol. 4 NO. 2 Desember 2016.
Suryani, W. (2010). Psikologi Ibu dan Anak. Yogyakarta: Citramaya.