GAYA BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

Authors

  • Muhammad Yasser Arafat Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.37304/jptm.v3i2.4082

Keywords:

gaya belajar, visual, auditori, kinestetik

Abstract

Gaya belajar peserta didik adalah informasi awal keadaan peserta didik yang menjadi pertimbangan  dalam pemilihan metode, strategi dan model belajar yang tepat agar proses pembelajaran efektif. Deskripsi Gaya belajar masih sedikit mendapat perhatian di kalangan pendidik khusunya pada Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo (FT UNG). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan gaya belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FT UNG. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis metode survei. Data diperoleh dari 66 sampel mahasiswa aktif Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FT UNG dengan teknikpengambilan sampel acak sederhana.Data diolah dengan menghitung persentase jawaban kuesioner yang telah dibagikan. Berdasarkan analisis tersebut, dapat dikemukakan bahwa Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FT UNG memiliki kecendrungan gaya belajar auditori sebesar 34,85%, gaya belajar kinestetik sebesar 30,30%, dan gaya belajar visual sebesar 22,73%. Selain itu, terdapat 6,06% mahasiswa yang memiliki gaya belajar auditori-kinestetik dan 6,06% mahasiswa memiliki gaya belajar visual-auditori. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan untuk mempertimbankan pemilihan strategi, metode, dan model belajar yang bisa mengakomodasi gaya belajar auditori, kinestetik, visual, auditori-kinestetik, dan visual-auditori sesuai dengan proporsi masing-masing gaya belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astiti, N. D., Mahadewi, L. P. P., & Suarjana, I. M. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA. Mimbar Ilmu, 26(2). https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35688

Barry, M., & Egan, A. (2018). An adult learner’s learning style should inform but not limit educational choices. International Review of Education, 64(1). https://doi.org/10.1007/s11159-017-9694-6

Bin Eid, A., Almutairi, M., Alzahrani, A., Alomair, F., Albinhamad, A., Albarrak, Y., Alzuaki, M., Alyahya, S., & bin Abdulrahman, K. (2021). Examining learning styles with gender comparison among medical students of a saudi university. Advances in Medical Education and Practice, 12. https://doi.org/10.2147/AMEP.S295058

Chan, D. M., & Rahman, I. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar: Kasus Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP YDB Lubuk Alung. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1).https://doi.org/10.22219/kembara.vol5.no1.27-39

DePorter, B dan Hernacki, M. (2015). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, Bandung: Mizan.

Gunstone, R. (2015). Cognitive Preferences. In R. Gunstone (Ed.), Encyclopedia of Science Education (pp. 171–172). Springer Netherlands. https://doi.org/10.1007/978-94-007-2150-0_95

Gusmaweti Gusmaweti, W. H. (2021). Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi di Masa New Normal. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 6. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i1.2275

Labu, N. (2021). Analisis Karakteristik Gaya Belajar Vak (Visual, Auditorial, Kinestetik) Siswa Kelas X SMAK St. Petrus Ende Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik, 1(1). https://doi.org/10.52110/jppak.v1i1.3

Matussolikhah, R., & Rosy, B. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2). https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1030

Ningrat, S. P. T. M. S. M. (n.d.). Kontribusi Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia.

Nurul Citra Pratiwi, Soeprijanto, & Faried Wadjdi. (2021). Hubungan Antara Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Jakarta. Journal of Electrical Vocational Education and Technology, 6(1). https://doi.org/10.21009/jevet.0061.03

Peraturan Pemerintah Nomor 32 tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Pradhan, S., & Das, P. (2021). Influence of metacognition on academic achievement and learning style of undergraduate students in Tezpur University. European Journal of Educational Research, 10(1). https://doi.org/10.12973/EU-JER.10.1.381

Prihaswati, M., & Purnomo, E. A. (2021). Profil Gaya Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Berdasarkan Model Vark. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(2). https://doi.org/10.25157/teorema.v6i2.6064

Suwardike, I. M., & Wiyogo, (2021). Efektivitas Penggunaan Sumber Belajar Digital Library Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Palangka Raya. In Technology, Education And Mechanical Engineering (Vol. 3, Issue 1).

Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Universitas Bung Hatta. Jppm, 10(2), 128–132. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2037

Wingkel, W. S. (2012). Psikologi Pengajaran, Yogyakarta: Media Abadi.

Downloads

Published

2022-03-24

How to Cite

Muhammad Yasser Arafat. (2022). GAYA BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO. Steam Engineering, 3(2), 105–111. https://doi.org/10.37304/jptm.v3i2.4082