PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING PADA KOMPETENSI MENERAPKAN TEKNIK PENGELASAN PIPA SISWA SMK NEGERI 1 PALANGKA RAYA

Authors

  • Muhammad Rizkon Palangka Raya
  • Wiyogo

DOI:

https://doi.org/10.37304/jptm.v1i2.409

Keywords:

Pembelajaran kooperatif, Pengelasan oxcy-acetylene

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran cooperative learning; dan (2) respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran cooperative learning. Penelitian ini melibatkan 20 siswa kelas XI TPL SMKN 1 Palangka Raya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan angket. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan tes hasil belajar terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran cooperative learning dengan persentase ketuntasan belajar mencapai angka 100%. Berdasarkan hasil analisis angket siswa menunjukkan persentase tingkat respons siswa mencapai nilai 86%, yang berarti siswa sangat setuju dengan penerapan model pembelajaran cooperative learning.

 

Abstract: The purpose of this study is to find out: (1) student learning outcomes after using cooperative learning models; and (2) student responses to the application of cooperative learning models. This study involved 20 students of class XI TPL at SMKN 1 Palangka Raya. This research is a type of classroom action research. The instruments in this study were tests of learning outcomes and questionnaires. Data were analyzed using quantitative descriptive techniques. Based on the test of learning outcomes there is an increase in student learning outcomes after using cooperative learning models with the percentage of mastery learning reaches 100%. Based on the results of student questionnaire analysis shows the percentage of student response rates reached 86%, which means students strongly agree with the application of cooperative learning models.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, Rahman. (2017). Media Pendukung Pembelajaran di Kelas. (online) Http://www.google.com /amp/s/m.kumparan.com/amp/rahman-abbas/media-pendukung-pembelajaran-dikelas (diakses pada tanggal 29 Oktober 2019)

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Aryanti, Risna Dewi. (2015). Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Tipe Belajar Bersama (Learning Together) Pada Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan Kelas X Di SMK Negeri 9 Garut. Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia.

Isjoni. (2010). Pembelajaran Kooperatif. Meningkatkan Kecerdasan Antar Peserta Didik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Nurhadi. (2004). Kurikulum 2004; Pertanyaan dan Jawaban. Jakarta: Grasindo

Shoimin, Aris. (2013). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta : Ar-Ruzz Media

Slavin, Robert. (2009). Cooperative Learning Teori, Riset Dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Downloads

Published

2020-03-02

How to Cite

Rizkon, M., & Wiyogo. (2020). PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING PADA KOMPETENSI MENERAPKAN TEKNIK PENGELASAN PIPA SISWA SMK NEGERI 1 PALANGKA RAYA. Steam Engineering, 1(2), 84–90. https://doi.org/10.37304/jptm.v1i2.409