PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK TUNE UP SEPEDA MOTOR PGM FI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK

Authors

  • Suyitno Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.37304/jptm.v3i2.4147

Keywords:

pengembangan, modul, elektronik, tune up, pgm-fi

Abstract

Selama ini Sekolah Menengah kejuruan (SMK) rata-rata sudah menggunakan buku panduan dan modul dan pembelajaran, namun masih sedikit dari guru yang membuat modul Elektronik Tune up sepeda motor.  Tujuan dari penelitian ini adalah : pengembangan modul elektronik tune up sepeda motor PGM-FI, menganalisis kelayakan modul elektronik tune up sepeda motor PGM-FI, menganalisis efektifitas modul elektronik tune up sepeda motor PGM-FI. Model pengembangan pada penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini menggunakan melibatkan 2 kelas siswa jurusan sepeda motor. Peningkatan nilai rata-rata pretest dan posttest sebesar 10,66 untuk kelas eksperimen, sedangkan kelas kontrol sebesar 5,67. Hasil analisis uji-t diperoleh thitung  untuk pretest sebesar 0,24 yang berarti tidak terdapat perbedaan, sedangkan untuk posttest sebesar 2,40 yang berarti adanya perbedaan yang signifikan hasil antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil perhitungan n-gain peningkatan hasil belajar kelas eksperimen sebesar 0,39 yang termasuk dalam kategori peningkatan sedang. Hasil penilaian ahli media sebesar 89,50% dan ahli materi 84%, keduanya termasuk dalam kategori sangat layak. Analisis tanggapan siswa memperoleh hasil persentase sebesar 81,05% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Saran untuk penelitian ini adalah modul elektronik dapat dikembangkan lagi pada kompetensi yang lain dengan model pembelajaran yang sesuai dengan kompetensinya. Modul elektronik diharapkan dapat digunakan guru dan siswa dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Mohd Hassan, Mohd Azam Sulong, and Mahayuddin Abdul. 2020. “Development and Validation of the Music Education Teaching Practice E-Supervision System Using the Google Classroom Application.” International Journal of Innovation 11(10): 15.

Billett, Stephen. 2011. Vocational Education. Dordrecht: Springer Netherlands. http://link.springer.com/10.1007/978-94-007-1954-5 (December 5, 2021).

Gunawan, Gunawan, Ahmad Harjono, Lovy Herayanti, and Sadam Husein. 2019. “Problem-Based Learning Approach with Supported Interactive Multimedia in Physics Course: Its Effects on Critical Thinking Disposition.” Journal for the Education of Gifted Young Scientists: 1075–89.

Hariyanto, Syahman, and Suyitno Suyitno. 2019. “Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Chasis Melalui Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Di SMK Pn Purworejo.” : 10.

Hashim, Ibrahim, and Syakirah Samsudin. 2020. “Practices of Problem-Based Learning (PBL) In Teaching Islamic Studies in Malaysian Public Universities.” International Journal of Innovation 11(10): 13.

Lohr, Linda, and James E. Gall. 2005. “Curriculum, Plans, and Processes in Instructional Design: International Perspectives: Norbert M. Seel and Sanne Dijkstra, Eds. (2004). Lawrence Erlbaum Associates. 385 Pp. $39.95. Soft Cover. ISBN: 0-8058-4466-X.” Educational Technology Research and Development 53(3): 105–6.

Mathematics Education Department of Palangka Raya University, Indonesia, jp-mairing@math,upr.ac.id, and Jackson Pasini Mairing. 2020. “The Effect of Advance Statistics Learning Integrated Minitab and Excel with Teaching Teams.” International Journal of Instruction 13(2): 139–50.

Nurtanto, Muhammad, Herminarto Sofyan, Pardjono Pardjono, and Suyitno Suyitno. 2020. “Development Model for Competency Improvement and National Vocational Qualification Support Frames in Automotive Technology.” International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE) 9(1): 168.

Suyitno, Suyitno. 2016. “Pengembangan Multimedia Interaktif Pengukuran Teknik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK.” Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan 23(1): 101.

———. 2017. Work Based Learning Terintegrasi, Konsep Strategi Dan Implementasi Dalam Pendidikan Kejuruan. Yogyakarta, Indonesia: K-Media.

———. 2018. 1 Metodologi Penelitian Tindakan Kelas, Eksperimen Dan R & D. 1st ed. Bandung: Alfabeta.

———. 2019. “Trainer Stand Instructional Media of Wiring System for Kijang Car to Improve Student Achievement in Vocational Higher Education.” Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems 11(11-SPECIAL ISSUE): 991–97.

———. 2020. “Solving Problem Method As Improvement Of Motivation And Skills In Vocational Education.” Vanos Journal Of Mechanical Engineering Education 5(1).

Wiyanto, Theodorus, Muchlas Samani, and S. Sugiyono. 2018. “The Developing Teaching Practice Model as an Effort to Improve the Quality of Mechanical Engineering Vocational School Teachers.” Jurnal Pendidikan Vokasi 7(3): 349.

Downloads

Published

2022-03-28

How to Cite

Suyitno. (2022). PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK TUNE UP SEPEDA MOTOR PGM FI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK. Steam Engineering, 3(2), 127–135. https://doi.org/10.37304/jptm.v3i2.4147