PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAAN FESTO FLUIDSIM PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF

Authors

  • Bima Oktafyan Putra Gani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Nurcholish Arifin Handoyono Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Sigit Purnomo Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.37304/jptm.v3i2.4168

Keywords:

Media Pembelajaran, Video Tutorial, Festo Fluidsim

Abstract

Tujuan Penelitian ini : (1) Mengembangkan media pembelajaran Festo Fluidsim pada mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif; dan (2) Mengetahui kelayakan media Pembelajaran Teknologi Dasar Otomotif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation), responden terdiri dari ahli media, ahli materi dan siswa kelas X Jurusan Otomotif. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket, teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini media pembelajaran interaktif video tutorial menggunakan aplikasi Festo Fluidsim mendapatkan hasil sangat baik berdasarkan uji kelayakan oleh ahli materi mendapatkan total nilai 103 dan nilai Rata-rata 3,43, oleh ahli media mendapatkan total nilai 66 dan nilai rata-rata 3,3. Uji kelayakan pada siswa kelompok kecil mendapatkan total nilai 189 nilai rata-rata 3,2 dan kelompok besar mendapatkan total nilai 1165 dan nilai rata-rata 3,24 berdasarkan data tersebut maka media pembelajaran interaktif berbasis Festo Fluidsim sangat baik dan layak digunakan dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “Merdeka Belajar.” Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.46627/sipose.v1i1.9

Aldoobie, N. (2015). ADDIE Model Analysis phase. American International Journal of Contemporary Research, 5(6), 68–72.

Chairani, V., Triyono, M., & Minghat, A. (2018). Literature review: Some of TVET area will be eliminated due to industrial revolution 4.0, is that true? J, 7(4). https://doi.org/10.14419/ijet.v7i4.33.23523

Firman, & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19 Firman1, Sari Rahayu Rahman1. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89.

Handoyono, N. A., & Rabiman, R. (2020). Development of android-based learning application in EFI materials for vocational schools. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1456/1/012050

Handoyono, Nurcholish Arifin, & Mahmud, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Pembelajaran Electronic Fuel Injection. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi. https://doi.org/10.24036/invotek.v20i2.791

Hishamudin, F. (2016). Model ADDIE. In Universiti Teknologi Malaysia.

Ilchi-Ghazaani, M., & Parvin, P. (2011). Characterization of a dry ice heat exchanger. International Journal of Refrigeration, 34(4), 1085–1097. https://doi.org/10.1016/j.ijrefrig.2011.02.015

Liu, Y. H., Maruyama, H., & Matsusaka, S. (2010). Agglomeration process of dry ice particles produced by expanding liquid carbon dioxide. Advanced Powder Technology, 21(6), 652–657. https://doi.org/10.1016/j.apt.2010.07.009

Mahfud, T., Siswanto, I., Wijayanto, D. S., & Puspitasari, P. F. (2020). Antecedent factors of vocational high school students’ readiness for selecting careers: A case in Indonesia. Cakrawala Pendidikan. https://doi.org/10.21831/cp.v39i3.32310

Mardapi, D. (2008). Pengukuran Penilaian Evaluasi Pendidikan. Ygoyakarta: Nuha Medika.

Mendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Pedoman Evaluasi Kurikulum.

Musthofa, U., & Murdani. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Video Tutorial untuk Meningkatkan Kompetensi 3D. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 18(2), 98–102.

Purnomo, Sigit, Mesin, P. T., Tamansiswa, U. S., Mesin, P. T., & Yogyakarta, U. N. (2018). TECHNOPRENEURSHIP DENGAN MODEL CLTSMK. 6(4).

Syamsuar, & Reflianto. (2018). Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2), 1–13.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. Nomor 20 Tahun 2003, 1 (2003). https://doi.org/10.16309/j.cnki.issn.1007-1776.2003.03.004

Wind, A. 2014. Jago membuat video tutorial. Jakarta : Dunia Komputer

Zainiyah, H.S.2017. Pengembagan Media Pembelajaran Berbasis ICT Konsep dalam Aplikasi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kencana

Downloads

Published

2022-03-24

How to Cite

Bima Oktafyan Putra Gani, Nurcholish Arifin Handoyono, & Sigit Purnomo. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAAN FESTO FLUIDSIM PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF. Steam Engineering, 3(2), 97–104. https://doi.org/10.37304/jptm.v3i2.4168