PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI PRINSIP KERJA MESIN
DOI:
https://doi.org/10.37304/jptm.v1i2.564Keywords:
Hasil Belajar, Pembelajaran Berbasis MasalahAbstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar pada materi prinsip kerja mesin siswa kelas X TKRO, SMKN 1 Kurun, Tahun Akademik 2018/2019. Metode penelitian ini adalah true experimental design (posttest-only). Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random sampling, yaitu kelas X TKRO dengan jumlah 30 siswa diajar dengan menggunakan model pembelajaran PBL, sedangkan kelas X TSM dengan jumlah 34 siswa diajar dengan model konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda berjumlah 50 pertanyaan. Sebelum instrumen tes digunakan, terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model PBL dengan siswa yang diajarkan model konvensional.
Abstract: This study aims to determine the effect of the application of the Problem Based Learning (PBL) model to learning outcomes on the subject matter of machine work class X TKRO, SMKN 1 Kurun, Academic Year 2018/2019. This research method was true experimental design (posttest-only). The sampling technique was carried out by random sampling, namely class X TKRO with a total of 30 students being taught using the PBL learning model, while class X TSM with a total of 34 students being taught with the conventional model. The instrument used was a multiple choice test totaling 50 questions. Before the test instruments are used, validity and reliability are tested first. The results showed that there was an influence on student learning outcomes taught by using the PBL model with students being taught the conventional model.
Downloads
References
Adawiyah, Robiatul. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah.
Ernawaty, Henny. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Jaringan Tumbuhan. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah.
Ibrahim, Anna Sylvia. E; Suyuti & Nadjamuddin, Lukman. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa SMA Negeri 1 Palu. E-Jurnal Katalogis, Vol. 5, No. 4, hal. 9-20
Janah, Mely Cholifatul; Widodo, Antonius Tri & Kasmui. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol. 12, No. 1, hal 2097 – 2107
Prayogi, Saiful & Asy’ari, Muhammad. (2013). Implementasi Model PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Prisma Sains, Vol. 1, No. 1, hal. 79-87
Ramlawati; Yunus, Sitti Rahma & Insani, Aunillah. (2017). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Effect of PBL (Problem Based Learning) on Students Motivation and Science Learning Outcomes. Jurnal Sainsmat, Vol. VI, No. 1, Hal 1-14
Sugiyono. (2016). Metodelogi Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta
Supiandi, Markus Iyus & Julung, Hendrikus. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Sains, Vol. 4 No. 2, Hal. 60–64
Tan, O. S. (2009). Problem Based Learning Inovation, Using Problem to Power Learning in the 21st Century. Singapore: Cengage Learning Asia Pte. Ltd.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.