HUBUNGAN MINAT BELAJAR KEJURUAN DAN PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN DENGAN MINAT BERWIRAUSAHA

Authors

  • Heny Fikri Rahman
  • Samidjo
  • Nurcholis Arifin Handayono

DOI:

https://doi.org/10.37304/jptm.v1i2.596

Keywords:

Minat Belajar Kejuruan, Prestasi Berwirausaha, Minat Berwirausaha

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hubungan antara minat belajar kejuruan dan prestasi belajar kewirausahaan dengan minat berwirausaha; (2) hubungan antara minat belajar kejuruan dengan minat berwirausaha; dan (3) hubungan antara prestasi belajar kewirausahaan dan minat berwirausaha. Metode penelitian ini adalah ex-post facto, dengan populasi seluruh siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan. Sampel diambil secara acak berjumlah 52 siswa. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner untuk minat belajar kejuruan dan minat berwirausaha, serta dokumentasi untuk prestasi belajar kewirausahaan. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar kejuruan dan prestasi belajar kewirausahaan dengan minat berwirausaha; (2) terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar kejuruan dengan minat berwirausaha; dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara prestasi belajar kewirausahaan dan minat berwirausaha.

 

Abstract: This study aim to find out : (1) the relationship between vocational learning interest and entrepreneurial learning achievement with entrepreneurial interest; (2) the relationship between vocational learning interest and entrepreneurial interest; and (3) the relationship between entrepreneurial learning achievement and entrepreneurial interest. This research method is ex-post facto with a population of all students of class XI Teknik Kendaraan Ringan. Samples were taken randomly totaling 52 students. The instrument used was a questionnaire for vocational learning interest and entrepreneurial interest and documentation for entrepreneurial learning achievement. Data analysis techniques using multiple regression analysis. The results showed: (1) there was a significant relationship between interest in vocational learning and entrepreneurial learning achievement with interest in entrepreneurship; (2) there was a significant relationship between interest in vocational learning with interest in entrepreneurship; and (3) there was a significant relationship between entrepreneurial learning achievement and entrepreneurial interest.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, B. (2018). Kewirausahaan Untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung : Alfabeta

Badan Pusat Statistik. (2019). Pengangguran Terbuka Menurut Pendidikan Tertinggi yang Ditamat-kan 1986-2018. Badan Pusat Statistik (Online). (Tersedia: https://www.bps.go.id/statictable/ 2009/04/16/972/pengangguran-terbuka-menurut-pendidikan-tertinggi-yang-ditamatkan-1986---2018.html), diakses 23 Januari 2019.

Daryanto. (2012). Pendidikan Kewirausahaan. Yogyakarta : Gava Media

Dewantara, K.H. (2013). Ki Hadjar Dewantara: Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka (Buku I Pendidikan). Yogyakarta: UST-Press.

Djaali. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.

Faturrohman, M. dan Sulistyorini. (2012). Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.

Haditono. (2008). Psikologi Perkembangan. Yogyakrta: Gadjah Mada University Press

Kementerian Pendidikan & Kebudayaan Republik Indonesia. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi.

Kristanto, H. (2009). Kewirausahaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nasib Tua Lumban Gaol. (2018). Membenahi Kualiatas Pendidikan di Indonesia. (Tersedia: http:// harian.analisadaily.com/opini/news/membenahi-kualitas-pendidikan-indonesia/545175/2018 /04/26), diakses 25 januari 2019.

Pemerintah Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Pratama, N. (2015). Hubungan Minat Belajar Kejuruan Dan Prestasi Belajar Praktik Pengelasan Dengan Minat Bekerja Di Industri Siswa Kelas XI Semester Genap Teknik Pengelasan SMK Negeri 1 Sedayu Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Taman Vokasi, Vol 3, No 2, Hal. 713-720.

Sarwono, S.W. (2011). Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali Pers.

Sinaga, D. (2016). Kewirausahaan: Pedoman Untuk Kalangan Praktisi dan Mahasiswa. Yogyakarta: Ekuilibria.

Sunaryo,W. (2013). Dasar-Dasar Pendidikan Vokasi Dan Kejuruan. Bandung : Alfabeta.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

SMK Penerbngan AAG Adisutjipto. Visi Misi dan Tujuan SMK Penerbangan AAG Adisutjipto Yogyakarta tersedia; http://www.smkpenerbanganjogja. Sch.Id/Sejarah/, (diakses 24 Januari 2019).

Winarko, D. (2015). Hubungan Antara Bimbingan Karir Dan Prestasi Belajar Kewirausahaan Dengan Minat Berwirausaha Pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Di SMK Al Munawwarah Kesugihan Cilacap Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Taman Vokasi, Vol 3, No 2, Hal. 721-729.

Yusliyantoro, S. (2016). Hubungan Minat Belajar Kejuruan Dan Prestasi Belajar Kewirausahaan Dengan Minat Berwirausaha Pada Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Pemesinan Smk Kristen 1 Klaten Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Taman Vokasi, Vol 5, No 1, Hal. 17-30.

Downloads

Published

2020-03-02

How to Cite

Fikri Rahman, H., Samidjo, & Handayono, N. A. (2020). HUBUNGAN MINAT BELAJAR KEJURUAN DAN PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN DENGAN MINAT BERWIRAUSAHA. Steam Engineering, 1(2), 50–56. https://doi.org/10.37304/jptm.v1i2.596