HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN

Authors

  • Fidel Marthin
  • Jhonni Rentas Duling
  • Wiyogo

DOI:

https://doi.org/10.37304/jptm.v1i2.600

Keywords:

Minat Belajar, Hasil Belajar, Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan siswa kelas XI SMK Negeri 1 Palangka Raya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian terdiri dari 32 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik korelasional. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan minat belajar dengan hasil belajar. Kontribusi minat belajar terhadap hasil belajar adalah 52%, sedangkan 48% ditentukan oleh faktor lain.

 

Abstract: The purpose of this study was to determine the relationship between interest in learning with learning outcomes in the subjects of Light Vehicle Engine Maintenance XI grade students of SMK Negeri 1 Palangka Raya. This research was quantitative research. The research subjects consisted of 32 students. The data analysis techniques used were questionnaires and documentation. Data were analyzed using correlational techniques. Based on data analysis, it can be concluded that there is a significant relationship between learning interest and learning outcomes. The contribution of learning interest in learning outcomes is 52%, while 48% is determined by other factors.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ihsan, Fuad. (2010). Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Nurhasanah, Siti., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol. 1, no. 1, hal. 128-135

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.

Pratiwi, Noor Komari. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, dan Minat Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan di Kota Tangerang. Jurnal Pujangga, vol. 1, no. 2, hal. 75-105

Preiss, D. D., & Sternberg, R. J. (2010). Innovations in Educational Psychology: Perspectives on Learning, Teaching, and Human Development. New York: Springer Publishing Company

Rozikin, Slamet., Amir, Hermansyah., & Rohiat, Salastri. (2018). Hubungan Minat Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kimia di SMA Negeri 1 Tebat Karai dan SMA Negeri 1 Kabupaten Kepahiang. ALOTROP: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, vol. 2, no. 1, hal. 78-81

Sirait, Erlando Doni. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, vol. 6, no. 1, hal. 35-43

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Wibowo, A. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan Saintifik terhadap Prestasi Belajar, Kemampuan Penalaran Matematis dan Minat Belajar. Jurnal Riset Pen-didikan Matematika, vol. 4, no. 1, hal. 1-10

Downloads

Published

2020-03-02

How to Cite

Marthin, F., Duling, J. R., & Wiyogo. (2020). HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN. Steam Engineering, 1(2), 71–77. https://doi.org/10.37304/jptm.v1i2.600