PENGARUH INTAKE DAN EXHAUST LOBE LIFT SERTA CELAH KATUP TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR

Authors

  • Musa Wahyu Pangeran POLINEMA
  • Endry Meydiant
  • M.Agung Pribadi

DOI:

https://doi.org/10.37304/jptm.v1i2.683

Keywords:

Intake Lobe Lift, Exhaust Lobe Lift, Celah Katup

Abstract

Abstrak: Sepeda motor membutuhkan bahan bakar fosil dan saat ini cadangannya semakin berkurang serta tidak dapat diperbarui. Dengan kondisi saat ini, perlu untuk mengontrol penggunaan bahan bakar pada sepeda motor. Pengaturan intake lobe lift, exhaust lobe lift dan celah katup berdampak positif pada konsumsi bahan bakar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pengaturan intake lobe lift, exhaust lobe lift dan celah katup terhadap konsumsi bahan bakar pada sepeda motor Honda Supra 125. Metode penelitian menggunakan metode eksperimental. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh variasi intake lobe lift, exhaust lobe lift dan celah katup terhadap konsumsi bahan bakar. Konsumsi bahan bakar terlama (irit) yaitu pada modifikasi camshaft intake lobe lift 250 sebelum Titik Mati Atas (TMA) dan exhaust lobe lift 450 setelah Titik Mati Bawah (TMB), celah katup masuk (in) adalah 0,15 mm dan keluar (ex) adalah 0,15 mm.

 

Abstract: Motorcycles need fossil fuels and currently reserves were decreasing and cannot be renewed. Under current conditions, it is necessary to control fuel use on motorbikes. The intake lobe lift, exhaust lobe lift and valve gap settings have a positive impact on fuel consumption. The purpose of this study was to examine the effect of regulating intake lobe lifts, exhaust lobe lifts and valve fissures on fuel consumption on Honda Supra 125 motorcycles. The research method used experimental methods. The results showed that there was an effect of variations in intake lobe lift, exhaust lobe lift and valve gap on fuel consumption. Economical fuel consumption is the modification of the intake lobe lift camshaft 250 before Top Dead Center (TDC) and exhaust lobe lift 450 after Bottom Dead Center (BDC), valve gap in 0.15 mm and ex 0.15 mm.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmawangsa, Firman Iffah dan Sudarmanta, Bambang. (2016). Analisis Pengaruh Penambahan Durasi Camshaft terhadap Unjuk Kerja dan Emisi Gas Buang pada Engine Sinjai 650 CC. Jurnal Teknik ITS. Vol. 5, No. 1

Muhajir, H. Khairul; Susastriawan; dan Aziz, M. H. Nur. (2018). Pengaruh Variasi Tinggi Lift, Lobe Separation Angle Camshaft, dan Roller Rocker Arm Terhadap Unjuk Kerja Motor Bensin Empat Langkah. Jurnal Sains dan Teknologi, Vol. 1, No. 1, hlm 7-15

Nanlohy, Hendry Y. (2012). Perbandingan Variasi Derajat Pengapian Terhadap Efisiensi Thermal dan Konsumsi Bahan Bakar Otto Engine BE50, DINAMIK Jurnal Ilmiah Teknik mesin, vol. 3 No. 2, hlm 211-215.

Sampurno, Sarif; Widjanarko, Dwi & Winarno. (2010). Pengaruh Variasi Penyetelan Celah Katup Masuk Terhadap Efisiensi Volumetrik Rata - Rata Pada Motor Diesel Isuzu Panther C223T. Profesional, Vol. 8, No. 1

Setiyo, Muji dan Condro P, Bagiyo. (2010). Pengaruh Pemajuan Valve Timing Terhadap Peningkatan Perbandingan Kompresi Aktual, Torsi Dan Daya ; Upaya Untuk Meningkatkan Unjuk Kerja Mesin (Penelitian Pada Sepeda Motor Honda Gl Pro Neotech), Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi

Siswadi, Dhanang. (2011). Pengaruh Variasi Penyetelan Celah Katup Buang Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Pada Isuzu C190. Under Graduates Thesis, Universitas Negeri Semarang.

Siswanto, Yoyok Drajat; Ranto; dan Rohman, Ngatou. (2012). Pengaruh Variasi Lobe Separation Angle Camshaft Dan Variasi Putaran Mesin Terhadap Daya Pada Sepeda Motor Honda Supra X 125 Tahun 2008. Nosel, Vol. 1 No. 1, hlm 98-105

Stevansa, Priyo Andrianto; Putro, Sartono, dan Subroto. (2014). Pengaruh Penggunaan Camshaft Standard dan Camshaft Racing Terhadap Unjuk Kerja Motor Bensin Empat Langkah. Tugas Akhir. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Susilo, Agastya Budi. (2017). Analisa Variasi Kerenggangan Celah Katup Terhadap Torsi Dan Daya Pada Motor Honda GL-Max. Simki-Techsain, Vol. 01, No. 05

Susilo, Arif dan Muliatna, I Made. (2013). Pengaruh Besar LSA (Lobe Separation Angle) : Pengaruh Besar LSA (Lobe Separation Angle) Pada Camshaft Terhadap Unjuk Kerja Mesin Sepeda Motor 4 Langkah. JTM. Vol. 1, No. 2, hlm 245-250

Sukardi, S. M., Pribadi, A., & Sampurno, A. (2019). Pengaruh Penyetelan Mesin Menggunakan BB Gasohol E15 Terhadap Emisi. Jurnal Energi Dan Teknologi Manufaktur (JETM), 2(01), 01-06. https://doi.org/https://doi.org/10.33795/jetm.v2i01.29

Downloads

Published

2020-03-02