PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI BUBUT DASAR SISWA KELAS X TPM SMK NEGERI 1 PALANGKA RAYA

Authors

  • Ledi Junaidi

DOI:

https://doi.org/10.37304/jptm.v1i2.867

Keywords:

Model Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar, Bubut Dasar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi bubut dasar. Metode penelitian ini adalah pra-eksperimen pretest-postest. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sample. Sampel dalam penelitian ini adalah 28 siswa yaitu siswa kelas X TPM. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda yang berjumlah 40 pertanyaan. Sebelum soal tes digunakan, intrumen diuji validitas, reliabilitas, daya pembeda soal, dan tingkat kesulitan soal. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, diketahui bahwa nilai t hitung > t tabel adalah 2,04 > 2,00. Dengan demikian, dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa.

 

Abstract: This study aims to determine the effect of inquiry learning models on student learning outcomes on basic lathe material. This research method was pre-experimental pretest-posttest. The sampling technique used a purposive sample. The sample in this study was 28 students, students of class X TPM. The instrument used was a multiple choice test which amounted to 40 questions. Before the test questions are used, the instruments are tested for validity, reliability, distinguishing features, and the level of difficulty of the questions. Based on the results of data analysis that has been done, it is known that the value of t count > t table is 2.04> 2.00. Thus, it can be concluded that there is an influence of inquiry learning models on student learning outcomes.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kristianingsih, D.D., Sukiswo, S.E., Khanafiyah, S. (2010). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Dengan Metode Pictorial Riddle Pada Pokok Bahasan Alat-Alat Optik di SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, Vol. 6, No. 10

Lumbantobing, M.A., Munadi, S., Wijanarka, B.S. (2019). Pengembangan E-Modul Interaktif Untuk Discovery Learning Pada Pembelajaran Mekanika Teknik danElemen Mesin. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, Vol. 4,No. 2

Rizal, M Khairu. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Pembelajaran Terpadu Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Metro Timur. Skripsi. Universitas Lampung

Sanjaya, W. (2013). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Simatupang, Sehat & Tiarmaida. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Listrik Dinamis di Kelas X Semester II SMA Negeri 8 Medan T.P. 2013/2014. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, Vol. 1, No.1

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wenning, C.J. (2005). Implementing Inquiry-Based Intruction in the Science Classroom: A New Model for Solving the Improvement of Practice Problem. Journal of Physics Teacher Education

Published

2020-03-02