UKURAN ELEMEN ARSITEKTUR BETANG TOYOI

Authors

  • Yoga Restyanto Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.36873/jpa.v7i02.837

Keywords:

elemen arsitektur, Betang Toyoi

Abstract

Betang sebagai ruamh tinggal tradisional mesyarakat kalimantan, memiliki nilai startegis, sakral serta historis. Memiliki nilai penting terhadap perkembangan dan pertumbuhan kebudayaan dimasa yang akan datang. Pertumbuhan penduduk dan pembangunan yang semakin meningkat terus mewarnai seluruh aspek kehidupan masyarakat, dimana nilai-nilai kultur kini kurang di hormati dan terkikis, yang pada akhirnya menggerogoti nilai kebudayaan dan adat istiadat sebagai kekayaan bangsa yang tidak ternilai harganya.

Di kabupaten Gunung Mas Kecamatan Rungan, terdapat pusaka peninggalan leluhur yang bernilai tinggi, sebagai cermin kejayaan masa lalu, kekuatan dan kegigihan, serta jiwa yang besar para leluhur kita di petak Dayak. Betang Toyoi merupakan objek cagar budaya yang elok dan memendam berjuta informasi masa itu.

Sejalan dengan perubahan waktu mengalami perubahan-perubahan dari bentuk awalnya. Betang Toyoi kini hanya tersisa sekitar setengah dari awal mulanya. Betang yang tersisa ini saat ini masih besar dan kokoh dengan elemen-elemen arsitektur yang melekat pada Betang Toyoi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2012-12-31

How to Cite

[1]
Y. Restyanto, “UKURAN ELEMEN ARSITEKTUR BETANG TOYOI”, JPA, vol. 7, no. 02, pp. 9–23, Dec. 2012.