Dampak Media Sosial Tiktok terhadap Karakter Sopan Santun Siswa Kelas V di SD Negeri 3 Pahandut

Penulis

  • Herlia Erawati Universitas Palangka Raya
  • Joni Bungai Universitas Palangka Raya
  • Melinda Prawati Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v4i2.21001

Kata Kunci:

Tiktok; Karakter; Sopan Santun; Sekolah Dasar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan media sosial TikTok terhadap karakter sopan santun siswa kelas V di SD Negeri 3 Pahandut. Latar belakang penelitian ini adalah fenomena maraknya penggunaan TikTok di kalangan siswa sekolah dasar yang dikhawatirkan memengaruhi sikap dan perilaku siswa dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam aspek kesopanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang melibatkan siswa, guru, dan orang tua sebagai informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan TikTok memberikan dampak positif berupa peningkatan kreativitas dan ekspresi diri siswa. Namun demikian, dampak negatif lebih dominan, seperti penggunaan bahasa kasar, malas belajar dan mengerjakan tugas sekolah, sikap tidak menghormati guru atau orang tua, serta kecenderungan kecanduan bermain gadget. Oleh karena itu, pengawasan dari orang tua dan guru menjadi penting untuk menanamkan kembali nilai-nilai karakter sopan santun agar siswa dapat menggunakan media sosial secara bijak.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.
##doi.editor.displayName##: 10.37304/sangkalemo.v4i2.21001 DOI URL: https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v4i2.21001
Lihat: 32 | ##article.downloads##: 21

Referensi

Deriyanto, D., Qorib, F., Komunikasi, J. I., Tribhuwana, U., & Malang, T. (2018). Persepsi Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang Terhadap Penggunaan Aplikasi Tik Tok. Jisip, 7(2), 77.

Faizah, R. N., Fajrie, N., & Rahayu, R. (2021). Sikap Sopan Santun Anak Dilihat Dari Pola Asuh Orang Tua Tunggal. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(1).

Irianto, A., Aulia, N. S., Ramadhani, E. N. F., & Sholika, S. P. (2024). Studi Dampak Penggunaan Tiktok Terhadap Etika Dan Sopan Santun Siswa Sekolah Dasar Di Era Revolusi Industri 4.0. Journal Education and Counsel, 5(2), 154–165.

Kalsum, U. (2024). Pengaruh Aplikasi Tiktok Terhadap Karakter Sopan Santun Siswa Kelas V SD Negeri Panciro Kec.Bajeng Kab.Gowa. In Universitas Muhammadiyah Makassar.

Rahayu, D. (2022). Efektivitas Peran Guru Akidah Akhlak Terhadap Pembentukan Perilaku Sopan Santun Siswa di MTs Yamas Dumai. Jurnal Tafidu, 1(1), 25–35.

Rukmana. (2023). Pengaruh Intensitas Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Kemampuan Belajar Siswa SDN 01 Sumublor. In Universitas Islam Sultan Agung.

Salsabila, E. F. (2022). Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (Fkip) Universitas Nusantara Persatuan Guru Republik Indonesia Un Pgri Kediri 2020. Skripsi (S1) Thesis, 5–14.

Salsabila, E. F., Hanggara, G. S., & Dwi, R. (2021). Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Perilaku Sopan Santun Siswa Smk Pgri 2 Kediri. Seminar Nasional Virtual, Konseling Kearifan Nusantara, 32–41.

Sambas, Sofyan, E., & Ridzki Kurniawan, F. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Tiktok Terhadap Perilaku Anak Usia Sekolah. MORES: Jurnal Pendidikan Hukum, Politik Dan Kewarganegaraan, 3(1), 47–56.

Shiddiq, S., & Taufik, M. (2024). Pengaruh Gratifikasi Instan Aplikasi TikTok terhadap Perilaku Belajar Siswa. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 5(3), 299–306.

Sutisna, R. R., Hidayat, S., & Merliana, A. (2024). Analisis dampak media sosial tiktok terhadap karakter sopan santun peserta didik sekolah dasar SDN 1 Rancapaku Kabupaten Tasikmalaya. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 7(1), 194–199.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-28

Cara Mengutip

Herlia Erawati, Joni Bungai, & Melinda Prawati. (2025). Dampak Media Sosial Tiktok terhadap Karakter Sopan Santun Siswa Kelas V di SD Negeri 3 Pahandut. Sangkalemo : The Elementary School Teacher Education Journal, 4(2), 44–54. https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v4i2.21001

Terbitan

Bagian

Articles