Implementasi Apikasi Assemblr Edu dan Metode Diskusi dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPAS
Implementasi Aplikasi Assemblr Edu dan Metode Diskusi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Memahami Mata Pelajaran IPAS Materi Kenampakan Alam Kelas IV SD N 1 Pahandut
DOI:
https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v4i2.20591Abstract
Pembelajaran IPAS materi Kenampakan Alam dikelas IV SD N 1 Pahandut hasil belajar peserta didik dalam kategori rendah dikarena peserta didik tidak fokus dan tidak menyimak penjelasan guru, hal tersebut membuat peserta didik memperoleh nilai evaluasi dibawah KKM. Untuk meningkatkan hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV SD N 1 Pahandut dengan menggunakan Aplikasi Assemblr Edu dan metode diskusi dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahapan (1)perencanaan, (2)tindakan, (3)pengamatan, (4)refleksi. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD N 1 Pahandut yang berjumlah 32 orang, terdiri dari 15 laki-laki dan 17 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes yang dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diperoleh presentase ketuntasan peserta didik pada pra tindakan 34% dengan rata-rata 57 setelah dilaksanakan siklus I hasil belajar meningkat menjadi 68,7% dengan rata-rata 83,7 terjadi peningkatan sebanyak 34,7%. Setelah itu mengalami peningkatan pada siklus II dimana presentase ketuntasan mencapai 93,75% dengan rata-rata 88 yang meningkat dari siklus I dengan selisih 25%. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan menggunakan Aplikasi Assemblr Edu dan Metode Diskusi pada mata pelajaran IPAS materi "Kenampakan Alam diIndonesia".
References
Abdullah, A. S. (2007). Pendidikan: Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.
Afifuddin, A. (2004). Dasar-Dasar Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta.
Ahmadi, A., & Uhbiyati, U. (2007). Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Aqila, N., dkk. (2011). Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Chein, A. (dalam Paizaluddin, & Ermalinda). (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Diplan, & Andi. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Diplan, & Andi. (2018). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Deepublish.
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya.
Depdiknas. (2013). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Jakarta: Balai Pustaka.
Fajrina, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Ajaib untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca di Kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 164-175.
Ikhwan, A. C. (2021). Pengaruh Metode Ceramah Dan Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Kelas VIII MTS Miftahul Ulum Kradinan Dolopo Madiun. Ponorogo: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.
Kadir, A., dkk. (2018). Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Muhammad Ropii Muh. Fahrurrozi (2017) Evaluasi Hasil Belajar. Lombok Timur: Universitas Hamzanwadi Press
Mutma’inna, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard UNO Berbasis Aplikasi Assemblr Edu pada Materi Tata Senyawa. Jurnal Pendidikan Sains, 2(3), 95-110.
Najib, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Assemblr Edu Berbasis Augmented Reality (AR) IPAS untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Daya Retensi Siswa MI/SD. Jurnal Pendidikan, 1(2), 105-120.
Ramadhan, G. (2021). Penerapan Metode Diskusi Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dalam Menerapkan Sikap Toleransi Siswa Kelas X di MA Tarbiyatul Mubtadi’in Wilalung, Gajah, Demak Tahun Ajaran 2020/2021. Kudus: Institut Agama Islam Negeri Kudus.
Surdiardhita, I. Ketut (dalam Diplan & M. Edi Setiawan). (2018). Pendidikan dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Triyanto. (2011). Pengantar Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.
Zainal, A. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana.