Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Model Open Ended Learning Berbantu Media Kartu Puzzle Huruf Kelas I Semester 2 SD Negeri 1 Wonokromo

Penulis

  • wahyu puspaningsih sd

DOI:

https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v2i2.10642

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Melalui Model Open Ended Learning Berbantu Media Kartu Puzzle Huruf Kelas I Semester 2 SD Negeri 1 Wonokromo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang didisain dengan menggunakan model Kemmis & Mc Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri 1 Wonokromo dengan jumlah 7 siswa dan dilaksanakan dalam 2 siklus. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes untuk mengetahui dan mengukur hasil belajar siswa. Data yang didapatkan pada prasiklus adalah 3 siswa atau 43%  lulus nilai KKM dengan rata-rata 67 yang sudah mendapatkan nilai mencapai kriteria. Pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 57% atau 4 siswa tuntas KKM dengan rata-rata 75 dan pada siklus ke II semua siswa lulus KKM atau 100% siswa mencapai KKM dengan rata-rata 90. Dari hasil diatas, dapat disimpulkan jika pembelajaran Open Ended Learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa sehingga dapat dikatakan penelitian ini telah berhasil.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2023-07-28

Cara Mengutip

puspaningsih, wahyu. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Model Open Ended Learning Berbantu Media Kartu Puzzle Huruf Kelas I Semester 2 SD Negeri 1 Wonokromo . Sangkalemo : The Elementary School Teacher Education Journal, 2(2), 64–71. https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v2i2.10642

Terbitan

Bagian

Articles