Problematika problematika guru dalam masa transisi Kurikulum 2013 ke Kurikulum Merdeka pada jenjang SD di SDN Telok kecamatan Katingan Tengah kabupaten katingan

problematika guru dalam masa transisi Kurikulum 2013 ke Kurikulum Merdeka pada jenjang SD di SDN Telok kecamatan Katingan Tengah kabupaten katingan

Penulis

  • elin yunistira yuni
  • Kristiani Natalina, Ph.D
  • Laila Rahmawati, S.Pd,.M.Pd

Kata Kunci:

Persiapan, Permasalahan, dan Kendala Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka.

Abstrak

Tujuan artikel ini adalah untuk mengetahui problematika guru dalam masa transisi Kurikulum 2013 ke Kurikulum Merdeka pada jenjang SD di SDN Telok kecamatan Katingan Tengah kabupaten katingan. Metode penelitian ini adalah dengan melakukan pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah terdapat dua temuan utama, yaitu masalah pertama guru adalah mereka mengalami kesulitan dalam beradaptasi dengan metode pengajaran baru dari metode tradisional. Masalah kedua adalah mereka mengalami kesulitan dalam beradaptasi dengan teknologi dan aplikasi yang digunakan dalam Kurikulum Merdeka. Kesimpulannya, masalah utama guru adalah beradaptasi dengan metode baru dan beradaptasi dalam menggunakan teknologi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-06-26

Cara Mengutip

yunistira, elin, Kristiani Natalina, Ph.D, K. N. P., & Laila Rahmawati, S.Pd,.M.Pd, L. R. S. (2024). Problematika problematika guru dalam masa transisi Kurikulum 2013 ke Kurikulum Merdeka pada jenjang SD di SDN Telok kecamatan Katingan Tengah kabupaten katingan: problematika guru dalam masa transisi Kurikulum 2013 ke Kurikulum Merdeka pada jenjang SD di SDN Telok kecamatan Katingan Tengah kabupaten katingan. Sangkalemo : The Elementary School Teacher Education Journal, 3(1), 8–15. Diambil dari https://e-journal.upr.ac.id/index.php/SANGKALEMO/article/view/14045