Kontribusi Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Contextual Teaching Learning Kelas IV SDN 8 Langkai Palangka Raya

Penulis

  • Femmy Universitas Palangka Raya
  • Utami Indah Universitas Palangka Raya

Kata Kunci:

Kreativitas, Contextual Teaching Learning

Abstrak

enelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas 4 SDN 8 Langkai Kota Palangka Raya melalui model pembelajaran Contextual Teaching  Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitiannya adalah siswa dan siswi di  kelas 4 SDN 8 Langkai Kota Palangka Raya yang terdiri dari 25 siswa. Dua puluh lima siswa tersebut  terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Observasi lapangan pada obyek penelitian adalah merupakan cara yang dilakukan oleh peneliti untuk memperoleh data yang aktual berdasarkan fakta yang ada, sedangkan dalam melakukan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif komparatif. Setelah melakukan perbaikan pada siklus pertama, yang selanjutnya diterapkan pada siklus ke dua diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa peningkatan kreativitas pembelajaran siswa kelas 4 SDN 8 Langkai Kota Palangka Raya dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dalam pembelajaran tersebut, diketahui ada peningkatan kreativitas siswa. Tampak bahwa 84% (21) dari 25 orang peserta didik  masuk dalam kriteria tinggi, 12% (3) orang peserta didik masuk dalam kriteria kreativitas sedang, dan terdapat 4% (1) orang siswa masuk dalam kriteria kreativitas rendah. Sementara pada kondisi awal (siklus pertama) saat dilakukan pembelajaran dengan model CTL hanya dijumpai 6 siswa (24%) kategori tinggi, 7 siswa (28%) kategori sedang, dan ada 12 siswa (48 %) kategori rendah.  Dengan demikian  melalui model pembelajaran CTL setelah melakukan perbaikan pada siklus ke dua ternyata dapat memberikan peningkatan yang sangat siknifikan atas peningkatan kreativitas  belajar peserta didik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2022-01-27 — Diperbaharui pada 2022-03-10

Versi

Cara Mengutip

Femmy, & Indah, U. (2022). Kontribusi Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Contextual Teaching Learning Kelas IV SDN 8 Langkai Palangka Raya. Sangkalemo : The Elementary School Teacher Education Journal, 1(1), 37–42. Diambil dari https://e-journal.upr.ac.id/index.php/SANGKALEMO/article/view/4068 (Original work published 27 Januari 2022)

Terbitan

Bagian

Articles