The Effectiveness of the Fading Method and the Use of Color in Improving Reading Ability

Efektifitas Metode Fading dan Penggunaan Warna dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca

Penulis

  • Nor Fatmah IAIN Palangka Raya
  • Noor Alkaff
  • Ainun Alkaff

Kata Kunci:

Membaca; Fading; Warna;

Abstrak

Keterampilan membaca merupakan salah satu keterampilan yang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Membaca merupakan proses mental dimana terjadinya proses menerjemahkan kode-kode visual kedalam bahasa pengucapan yang bermakna. Tujuan proses membaca adalah menerima atau memahami pesan yang terkandung dalam teks atau tulisan. Dalam hal ini terdapat siswa yang memiliki kesulitan dalam membaca, yang menyembabkan tidak terpenuhinya tuntutan dalam pemblejaran. Hal ini dikarenakan kurangnya stimulus yang diberikan selama proses belajar sehingga terjadi penurunan kemampuan membaca pada siswa, maka metode fading dan penggunaan warna menjadi intervensi dalam meningkatkan kemampuan maupun kelancaran membaca pada siswa SD. Adapun metode yang digunakan adalah single subjek, untuk melihat efektifitas sebuah pendektan modifikasi perilaku dengan metode fading dan penggunaan warna untuk meningkatkan kemampuan membaca. Dalam menggali data, yang  digunakan pendekatan wawancara, observasi, tes psikologi berupa tes IQ WISC, dan tes informal membaca. Hasil intervensi menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kelancaran dalam membaca pada siswa dengan menggunakan metode fading dan penggunaan warna.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2022-07-29

Cara Mengutip

Fatmah, N., Alkaff, N., & Alkaff, A. (2022). The Effectiveness of the Fading Method and the Use of Color in Improving Reading Ability: Efektifitas Metode Fading dan Penggunaan Warna dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca . Sangkalemo : The Elementary School Teacher Education Journal, 1(2). Diambil dari https://e-journal.upr.ac.id/index.php/SANGKALEMO/article/view/5065

Terbitan

Bagian

Articles