Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2022-07-29. Baca versi terbaru.

Hubungan Penggunaan Aplikasi Google Classroom Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN-4 Palangka Tahun ajaran 2021/2022

Penulis

  • Vera Veronica PGSD
  • Kuswari Universitas Palangka Raya
  • Asih Utami Universitas Palangka Raya
  • Roso Sugiyanto Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v1i2.5204

Kata Kunci:

Google classroom, Motivasi belajar

Abstrak

HUBUNGAN PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN-4 PALANGKA TAHUN AJARAN 2021/2022

PENULIS :

Vera Veronica

Universitas Palangkaraya

(I) Dr. H. Kuswari, S.Pd.,M.Si.

Universitas Palangkaraya

(II) Asih Utami, M.Pd.

Universitas Palangkaraya

(III) Roso Sugiyanto, S.Pd, M.Pd.

Universitas Palangkaraya

Keywords : Google Classroom,Motivasi Belajar dan SDN-4 Palangka

ABSTRAK

Di masa pandemi pelaksanaan kegiatan pembelajaran beralih dari bentuk tatap muka di ruang kelas menjadi tatap muka secara daring jarak jauh. Bagi siswa Sekolah Dasar, pembelajaran daring dapat menyebabkan motivasi belajar peserta didik menurun jika kegiatan pembelajarnnya tidak menarik bagi siswa. motivasi merupakan salah satu faktor penting dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu aplikasi yang digunakan dalam pembelajaran daring saat ini adalah google classroom. di aplikasi google classroom tersedia berbagai fitur yang dapat digunakan untuk aktivitas pembelajaran oleh guru dan siswa dan lebih mudah untuk digunakan. Penelitian kuantitatif yang terdiri dari satu variabel bebas dan satu variabel terikat. Sampel penelitian adalah siswa kelas V SDN-4 Palangka dengan jumlah sampel sebanyak 54 orang siswa. Data dari variabel penggunaan aplikasi google classroom dan data motivasi belajar dikumpulkan menggunakan angket, angket merupakan diisi oleh responden. Selanjutnya data yang sudah diperoleh, ditabulasikan dan kemudian dianalisis menggunakan rumus korelasi produk moment untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan variabel penelitian, kemudian dinalisis dengan uji-t untuk mengetahui signifikan atau tidaknya hubungan tersebut. Angket sebelum digunakan untuk pengambilan data terlebih dahulu dilakukan ujicoba dan hasilnya dianalisis menggunakan bantuan program SPSS 25. Berdasarkan analisa data hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan aplikasi google classroom dengan motivasi belajar pada siswa kelas V di SDN-4 Palangka, hal ini dibuktikan berdasarkan hasil perhitungan korelasi produk moment diketahui nilai r-hitung = 0,509 > r-tabel sebesar 0,263 pada taraf kesalahan 5 % dan besarnya N = 54 serta hasil hitung menggunakan uji t, diketahui bahwa t-hitung sebesar 4,26 lebih besar dari nilai t-tabel = 2,00 yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara pendampingan orangtua dalam belajar (X) dengan minat belajar (Y).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2022-07-29

Versi

Cara Mengutip

Veronica, V., Kuswari, Utami, A., & Sugiyanto, R. (2022). Hubungan Penggunaan Aplikasi Google Classroom Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN-4 Palangka Tahun ajaran 2021/2022. Sangkalemo : The Elementary School Teacher Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v1i2.5204

Terbitan

Bagian

Articles