Kompetensi Guru dalam Menerapkan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar

Penulis

  • Slamet Widodo
  • Wulida Arina Najwa STKIP AL HIKMAH SURABAYA
  • M. Misbachul Huda
  • Adhy Putri Rilianti
  • Wahyu Nugroho Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v2i1.7440

Kata Kunci:

Merdeka Belajar; Kompetensi Guru; Pembelajaran SD; Strategi Pembelajaran;

Abstrak

Sebagai upaya Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) untuk meningkatkan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia), maka dibuat kebijakan merdeka belajar. Kualitas SDM Indonesia masih menjadi tantangan untuk dapat diselesaikan karena hasil survei dari lembaga internasional seperti PISA (Program for International Student Asessment) dan TIMSS (Trend in International Mathematics and Science Study) masih menunjukkan peringkat yang buncit. Dalam merdeka belajar ada empat kebijakan utama yakni (1) kebebasan asesmen siswa, (2) ujian nasional diganti AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) dan survei karakter, (3) RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) satu lembar, dan (4) sistem PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) zonasi. Oleh karena itu, untuk meningkatkan keberhasilan penerapan merdeka belajar tersebut diperlukan kemampuan guru dalam proses mengajar yang menghasilkan proses belajar siswa yang merdeka. Artikel ini menggunakan metode literature review untuk mengaji kemampuan guru tersebut. Metode pengumpulan data menggunakan analisis sumber data yang diperoleh dari berbagai bentuk seperti artikel jurnal, buku, kebijakan Kemendikbud, dan dokumen undang-undang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk mengimplementasikan merdeka belajar guru harus menguasai keterampilan pedagogi, keterampilan menyesuaikan gaya mengajar dengan gaya belajar siswa, keterampilan menguasai pembelajaran daring, dan keterampilan menguasai strategi pembelajaran. Selain itu, guru juga harus menguasai prinsip-prinsip merdeka belajar, bentuk-bentuk pembelajaran merdeka belajar, dan kegiatan belajar siswa merdeka belajar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2023-01-26

Cara Mengutip

Slamet Widodo, Najwa, W. A., M. Misbachul Huda, Adhy Putri Rilianti, & Nugroho, W. (2023). Kompetensi Guru dalam Menerapkan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar . Sangkalemo : The Elementary School Teacher Education Journal, 2(1), 54–66. https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v2i1.7440

Terbitan

Bagian

Articles
Abstrak viewed = 149 times

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama