Analysis of Learning Media Needs in Elementary Schools in Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v2i1.7611Kata Kunci:
analisis, kebutuhan, media pembelajaranAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah meninjau penggunaan media pembelajaran di sekolah dasar yang ada di Kota Palangka Raya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Analisis dilakukan secara menyeluruh mengenai penggunaan media pembelajaran di sekolah-sekolah tersebut. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini dikembangkan dengan memperhatikan lima indikator, yaitu jenis media pembelajaran yang biasa digunakan, frekuensi penggunaan media pembelajaran, kelebihan dan kekurangan media pembelajaran yang biasa digunakan, serta media pembelajaran yang dibutuhkan untuk melaksanakan proses pembelajaran yang lebih optimal. Data yang sudah diperoleh dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data dapat dideskripsikan bahwa beberapa sekolah dasar di Palangka Raya sudah memaksimalkan penggunaan media dalam melaksanakan proses pembelajaran. Untuk mata pelajaran tertentu, seperti muatan lokal bahasa Dayak, beberapa guru di beberapa sekolah mengalami kesulitan untuk mengembangkan media pembelajaran sehingga jarang sekali memanfaatkan media dalam menyampaikan materi kepada siswa. Selain itu, media pembelajaran juga belum tersedia untuk mata pelajaran matematika (materi perkalian) dan juga muatan Ilmu Pengetahuan Alam (materi tata surya).