Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) di Kelas II SDN 5 Palangka Tahun Ajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v2i1.7685Kata Kunci:
Keterampilan Membaca Permulaan, Struktural Analitik Sintetik (SAS)Abstrak
Keterampilan membaca memiliki peranan yang penting dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan di sekolah, hal ini dikarenakan seluruh materi pembelajaran menuntut pemahaman teori serta konsep yang dapat dipahami peserta didik melalui kegiatan membaca. Pada observasi awal yang menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan di kelas II masih tergolong rendah dalam menyebutkan huruf vocal dan konsonan seperti b/d, u/o, f/p, kewajaran pelafalan, kelancaran membaca dan kejelasan suara, hal tersebut terjadi karena dampak pandemi covid-19 yang membuat kegiatan pembelajaran harus dilakukan secara jarak jauh ± 2 tahun. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang membahas mengenai penerapan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan di kelas II SDN 5 Palangka.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca permulaan di kelas II SDN 5 Palangka Tahun Ajaran 2022/2023 dengan jumlah peserta didik sebanyak 14 orang, yang dilakukan dengan 2 (dua) siklus, pengambilan data dilakukan melalui observasi dan tes, instrumen yang digunakan yaitu penilaian keterampilan membaca permulaan, lembar observasi kinerja guru dan lembar observasi partisipasi peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan metode pembelajaran SAS dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan di kelas II SDN 5 Palangka. Keterampilan membaca memiliki peranan yang penting dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan di sekolah, hal ini dikarenakan seluruh materi pembelajaran menuntut pemahaman teori serta konsep yang dapat dipahami peserta didik melalui kegiatan membaca.