PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 10 LANGKAI PALANGKA RAYA

Penulis

  • Shelvina Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v2i2.8756

Kata Kunci:

Learning outcomes, Cooperative learning model type STAD

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SDN 10 Langkai Palangka Raya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 10 Langkai Palangka Raya Tahun Ajaran 2022/2023.  Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Tes (pre test & post test), observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan perhitungan presentase nilai klasikal dengan indikator keberhasilan 70% untuk hasil belajar siswa. Hasil penelitian pra siklus diperoleh data peningkatan hasil pre test siswa sebesar 33% (6 siswa) yang tuntas dan hasil post test pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 89% (16) siswa yang tuntas, sedangkan untuk data hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 44% (8 siswa) yang tuntas dengan ketuntasan belajar klasikal 44%, pada siklus II mengalami peningkatan hasil belajar yaitu sebesar 89% (16 Siswa) yang tuntas dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 89%. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada setiap aktivitas guru dan aktivitas siswa juga terlaksana dengan baik. Persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 64% dengan kategori baik, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 86% dengan kategori sangat baik. Persentase aktivitas guru pada siklus I sebesar 67% dengan kategori baik kemudian pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 94% dan kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa guru dapat mengelola pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2023-07-28

Cara Mengutip

Shelvina. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 10 LANGKAI PALANGKA RAYA. Sangkalemo : The Elementary School Teacher Education Journal, 2(2), 57–63. https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v2i2.8756

Terbitan

Bagian

Articles