Pengaruh Pengelolaan Kelas Memalui Pendekatan Manajerial Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III di SD NU Sleman

Penulis

  • Wahyu Widhi Setyawan Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta
  • Hidar Amaruddin Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v2i2.8893

Abstrak

Pengelolaan kelas yang baik akan melahirkan interaksi belajar mengajar yang baik pula. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pengelolaan Kelas Melalui Pendekatan Manajerial Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III di SD NU Sleman.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan penelitian eksperimen jenis Pre-Eksperimental Design dengan One Shot Case Study. Populasi penelitian siswa kelas III SD NU Sleman sebanyak 95 siswa, yang terbagi menjadi empat yaitu kelas III A – III D. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi dengan instrumen penelitian menggunakan soal test. Kriteria kualitas tes menggunakan daya beda butir. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan cara membandingkan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebelumnya dengan setelahnya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara nilai sebelumnya dengan setelah eksperimen. Hal ini ditunjukkan berdasarkan uji one sample t test dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,015 < 0,05. Dengan demikian berdasarkan analisis tersebut telah menunjukkan bahwa pengelolaan kelas berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2023-07-28

Cara Mengutip

Setyawan, W. W., & Amaruddin, H. (2023). Pengaruh Pengelolaan Kelas Memalui Pendekatan Manajerial Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III di SD NU Sleman. Sangkalemo : The Elementary School Teacher Education Journal, 2(2), 41–49. https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v2i2.8893

Terbitan

Bagian

Articles