Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pengurangan Dan Penjumlahan Pecahan Melalui Permainan Monopoli
DOI:
https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v2i2.9085Kata Kunci:
Hasil Belajar; Permainan MonopoliAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar, dan mendeskripsikan aktivitas guru serta aktivitas siswa materi pengurangan dan penjumlahan pecahan dengan permainan monopoli di kelas IV tahun ajaran 2022/2023 MIN 2 Kota Palangka Raya.Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Taggart, yang dilaksanakan oleh guru kelas IV MIN 2 Kota palangka Raya. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus setiap siklus terdapat tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV E yang berjumlah 25 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes dan observasi. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar materi pengurangan dan penjumlahan. Hasil belajar rata-rata kelas pada data tes awal (pretest) ada 3 atau 12% siswa tuntas dengan nilai rata-rata 50,84, pada siklus I ada 14 atau 56% siswa tuntas dengan nilai rata-rata 75,6, kemudian pada siklus II ada 25 atau 100% siswa tuntas dengan nilai rata-rata 86,4 dan pada data tes akhir (postest) ada 25 atau 100% siswa tuntas dengan nilai rata-rata 94,28. Untuk aktivitas guru dan siswa pada siklus I kategori baik dan pada siklus II meningkat menjadi kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitiandapat disimpulkan dengan menggunakan permainan monopoli dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MIN 2 Kota Palangka Raya.