Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis eLEMA pada Materi Interaksi Mahluk Hidup dengan Lingkungan Ekosistem Gambut
Development of eLEMA-Based Digital Teaching Materials on the Interaction of Living Things with Peatland Ecosystem Environment
DOI:
https://doi.org/10.37304/bed.v2i2.3746Keywords:
Digital Learning Materials, eLEMA, Peatland Ecosystem, Student Centered LearningAbstract
Pandemi wabah Covid- 19 ( Corona virus diseases 2019 ) di seluruh dunia, membuat proses belajar mengajar dari semua tingkat pendidikan mengalami kendala dalam kualitas pembelajaran. Pengembangan bahan ajar elektronik sangat perlu dilakukan di tengah pandemi yang mengharuskan perkuliahan dilakukan secara daring. Pembelajaran Sistem daring merupakan implementasi pendidikan jarak jauh melalui online jaringan internet, menjadi solusi kegiatan belajar mengajar (KBM) yang efektif untuk mencegah penyebaran dan penularan virus corona kepada peserta didik. Salah satu media bahan ajar sistem daring yang dapat digunakan yaitu media digital yang merupakan media interaktif berbasis android dengan aplikasi eLEMA (Electronic Learning Material). Berdasarkan uraian di atas, penelitian ini yang berjudul “Pengembangan Bahan Ajar Digital berbasis eLEMA pada Materi Interaksi Mahluk Hidup dengan Lingkungan Ekosistem Gambut” Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan bahan ajar digital dengan aplikasi eLEMA untuk memudahkan mahasiswa dapat mengakses materi secara online maupun offline. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) penelitian pengembangan model Hannafin and Peck terdiri dari 3 phase Analysis, Design, Develop/Implementation. Harapan peneliti dapat mengangkat realitas lokal dalam pembelajaran, sehingga informasi dan pendidikan lingkungan mengenai ekosistem gambut dapat disampaikan kepada masyarakat pada umumnya dan bagi peserta didik pada khususnya.
Downloads
References
Haryono, A., Basuki, B., Adam, C., Savitri, S., Araina, E., & Fahrina, R. (2021). The Development of eLEMA-SCL Protozoa for Invertebrate Zoology Courses. International Conference on Elementary Education, 3(1), 212-218. Retrieved from http://proceedings2.upi.edu/index.php/icee/article/view/1465
Kurnain, Ahmad. 2018, Ekologi Gambut Kalimantan. Artikel online: Bumibaru.id
Mulyasa. 2006. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : Penerbit PT.Remaja Rosdakarya.
Suhardi. 2012. Pengembangan Sumber Belajar Biologi. Yogyakarta : Jurdik Biologi FMPA UNY.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D, Bandung : Alfabeta.
Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka dan FKIP UMS.
Sanjaya, Wina. 2010, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta : Prenada Media Group.
Setyosari, Punaji. 2010. Metode Penelitian Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: Kencana
Siregar, Evelin dan Hartini Nara, 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor : Ghalia Indonesia.
Suratsih. 2010. Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Potensi Lokal. Penelitian Unggulan UNY
Rosadi, Asep. 2016, Penelitian Pengembangan Model Plomp, Surabaya : Jurnal Unesa.
Wahyunto dan Heryanto. 2011. Genesis lahan Gambut Indonesia. Balai Penelitian Tanah. Bogor
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Elga Araina, Shanty Savitri, Sugeng Mashabhi, Fernando Prestasio Pratama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.