Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis eLEMA pada Materi Interaksi Mahluk Hidup dengan Lingkungan Ekosistem Gambut

Development of eLEMA-Based Digital Teaching Materials on the Interaction of Living Things with Peatland Ecosystem Environment

Authors

  • Elga Araina Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Palangka Raya
  • Shanty Savitri Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Palangka Raya
  • Sugeng Mashabhi Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Palangka Raya
  • Fernando Prestasio Pratama Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/bed.v2i2.3746

Keywords:

Digital Learning Materials, eLEMA, Peatland Ecosystem, Student Centered Learning

Abstract

Pandemi wabah Covid- 19 ( Corona virus diseases 2019 ) di seluruh dunia, membuat  proses belajar mengajar dari semua tingkat pendidikan mengalami kendala dalam kualitas pembelajaran. Pengembangan bahan ajar elektronik sangat perlu dilakukan di tengah pandemi yang mengharuskan perkuliahan dilakukan secara daring. Pembelajaran Sistem daring merupakan implementasi pendidikan jarak jauh melalui online jaringan internet, menjadi solusi kegiatan belajar mengajar (KBM) yang efektif untuk mencegah penyebaran dan penularan virus corona kepada peserta didik. Salah satu media bahan ajar sistem daring yang dapat digunakan yaitu media digital yang merupakan media interaktif berbasis  android dengan aplikasi eLEMA (Electronic Learning Material). Berdasarkan uraian di atas, penelitian ini yang berjudul “Pengembangan Bahan Ajar Digital berbasis eLEMA pada Materi Interaksi Mahluk Hidup dengan Lingkungan Ekosistem Gambut” Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan bahan ajar digital dengan aplikasi eLEMA untuk memudahkan mahasiswa dapat mengakses materi secara online maupun offline. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) penelitian pengembangan model Hannafin and Peck terdiri dari 3 phase Analysis, Design, Develop/Implementation. Harapan peneliti dapat mengangkat realitas lokal dalam pembelajaran, sehingga informasi dan pendidikan lingkungan mengenai ekosistem gambut dapat disampaikan kepada masyarakat pada umumnya dan bagi peserta didik pada khususnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Haryono, A., Basuki, B., Adam, C., Savitri, S., Araina, E., & Fahrina, R. (2021). The Development of eLEMA-SCL Protozoa for Invertebrate Zoology Courses. International Conference on Elementary Education, 3(1), 212-218. Retrieved from http://proceedings2.upi.edu/index.php/icee/article/view/1465

Kurnain, Ahmad. 2018, Ekologi Gambut Kalimantan. Artikel online: Bumibaru.id

Mulyasa. 2006. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : Penerbit PT.Remaja Rosdakarya.

Suhardi. 2012. Pengembangan Sumber Belajar Biologi. Yogyakarta : Jurdik Biologi FMPA UNY.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D, Bandung : Alfabeta.

Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka dan FKIP UMS.

Sanjaya, Wina. 2010, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta : Prenada Media Group.

Setyosari, Punaji. 2010. Metode Penelitian Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: Kencana

Siregar, Evelin dan Hartini Nara, 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor : Ghalia Indonesia.

Suratsih. 2010. Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Potensi Lokal. Penelitian Unggulan UNY

Rosadi, Asep. 2016, Penelitian Pengembangan Model Plomp, Surabaya : Jurnal Unesa.

Wahyunto dan Heryanto. 2011. Genesis lahan Gambut Indonesia. Balai Penelitian Tanah. Bogor

Downloads

Published

2021-12-01

How to Cite

Araina, E., Savitri, S., Mashabhi, S., & Pratama, F. P. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis eLEMA pada Materi Interaksi Mahluk Hidup dengan Lingkungan Ekosistem Gambut: Development of eLEMA-Based Digital Teaching Materials on the Interaction of Living Things with Peatland Ecosystem Environment. BiosciED: Journal of Biological Science and Education, 2(2), 66–76. https://doi.org/10.37304/bed.v2i2.3746

Issue

Section

Biology Education