Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis QR Code Card Pada Materi Pesawat Sederhana Kelas VIII Di SMP Negeri 14 Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.37304/bpjps.v5i1.8860Keywords:
QR Code Card, Validasi Media, Pengembangan Model 4D, Hasil Belajar Peserta DidikAbstract
Media pembelajaran berbasis QR Code Card adalah inovasi media yang memanfaatkan teknologi era 4.0 dengan bentuk kartu materi dan kartu evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil validasi media QR Code Card oleh validator, nilai hasil belajar peserta didik, dan respon peserta didik terhadap media QR Code Card . Pengembangan media QR Code Card memiliki manfaat sebagai inovasi baru dan menjadi penunjang media guru dalam kegiatan belajar mengajar. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan metode Research & Design model 4D yang terdiri atas 4 tahap yaitu Define (tahap Pendefinisian), D esign(tahap Perancangan), Mengembangkan (tahap Pengembangan), dan Menyebarluaskan (tahap Penyebaran). Uji produk media QR Code Card dilakukan di SMP Negeri 14 Palangka Raya pada Kelas VIII Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penilaian validasi media oleh validator, tes hasil belajar, dan pemberian respon kuisioner peserta didik. Hasil penelitian terhadap penilaian validator menunjukan presentase rata-rata nilai 83,95% dengan kriteria sangat layak atau dengan kategori sangat baik sehingga media QR Code Carddinyatakan sah. Hasil analisis terhadap hasil belajar peserta didik diperoleh hasil dari 22 peserta didik, 17 peserta didik menyelesaikan dan 5 peserta didik tidak menyelesaikan dan menunjukkan bahwa presentasi ketuntasan klasikal 77,27% dengan penyelesaian tuntas serta presentasi TPK 65,4% yang tuntas. Hasil analisis respon peserta didik terhadap QR Code Card diperoleh rata-rata 83,67% dengan kategori positif atau sangat baik sehingga media QR Code Card dapat dinyatakan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Vika Laula, Saulim DT Hutahaean, Muhammad Nawir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.