NILAI EDUKATIF TOKOH BURLIAN DALAM NOVEL SI ANAK SPESIAL KARYA TERE LIYE: TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA SEBAGAI BAHAN AJAR CERITA INSPIRATIF

Authors

  • Febri Setiani Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Zainal Arifin Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.37304/enggang.v2i1.2843

Keywords:

Nilai Edukatif, Sosiologi Sastra, Novel, Bahan Ajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan struktur, nilai edukatif melalui karakter tokoh utama novel Si Anak Spesial karya Tere Liye serta kaitannya dengan cerita inspiratif pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian ini adalah deskritif kualitatif dengan analisis isi dan keabsahan data trianggulasi teori. Pendekatan sastra dalam penelitian ini adalah sosiologi sastra. Teknik pengumpulan data yaitu teknik pustaka, teknik simak, dan teknik catat. Data berupa  nilai-nilai edukatif yang dianalisis dengan model interaktif, yaitu pengumpulan, reduksi, dan sajian data serta simpulan/ verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat struktur yang ditemukan antara lain, tema, alur, tokoh, penokohan, latar, gaya bahasa, dan amanat. Keterkaitan antar unsur dalam novel tersebut bersama-sama membentuk suatu makna cerita yang banyak menyimpan nilai-nilai edukatif. 2) Nilai edukatif yang ditemukan antara lain nilai religi, moral, sosial, dan budaya. 3) Nilai edukatif tersebut relevan sebagai bahan ajar cerita inspiratif. Sesuai Kompetensi Dasar (KD) nilai-nilai edukatif telah mencakup kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran cerita inspiratif. Kemudian dari segi aspek bahasa, aspek psikologis, dan aspek latar belakang budaya antara novel Si Anak Spesial karya Tere Liye dengan bahan ajar juga menunjukkan kelayakannya sebagai bahan ajar cerita inspiratif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-06-08

How to Cite

Setiani, F., & Arifin, Z. (2021). NILAI EDUKATIF TOKOH BURLIAN DALAM NOVEL SI ANAK SPESIAL KARYA TERE LIYE: TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA SEBAGAI BAHAN AJAR CERITA INSPIRATIF. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.37304/enggang.v2i1.2843

Most read articles by the same author(s)