NILAI EDUKATIF TOKOH BURLIAN DALAM NOVEL SI ANAK SPESIAL KARYA TERE LIYE: TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA SEBAGAI BAHAN AJAR CERITA INSPIRATIF
DOI:
https://doi.org/10.37304/enggang.v2i2.3886Keywords:
Nilai Edukatif, Sosiologi Sastra, Novel, Bahan AjarAbstract
ABSTRAK
Zaman semakin modern, ilmu pengetahuan mengalami perkembangan baik dari
teknologi maupun pembelajarannya. Perkembangan tersebut membuat banyak dari
kalangan pendidikan melupakan bidang kesusastraaan karena dinilai sulit dan
membosankan. Sehingga menjadi seorang pendidik di zaman modern perlu inovasi dalam
pembelajaran sastra. Salah satunya memanfaatkan nilai-nilai edukatif di dalam novel dan
dijadikan bahan ajar dalam pembelajaran dapat memberikan inspirasi yang bermanfaat
untuk siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan struktur, nilai edukatif
melalui karater tokoh utama novel Si Anak Spesial karya Tere Liye serta kaitannya dengan
bahan ajar cerita inspiratif Bahasa Indonesia. Metode penelitian ini adalah deskritif
kualitatif dengan objek dalam penelitian ini yaitu objek material berupa kata, kalimat
yang menunjukkan suatu watak serta perbuatan dalam hal ini merujuk kepada
kepribadian dari tokoh Burlian dan objek formal yaitu nilai edukatif dari perilaku tokoh
tersebut. Kemudian untuk subjek dalam penelitian ini adalah novel Si Anak Spesial karya
Tere Liye.Teknik pengumpulan data yaitu teknik pustaka, teknik simak, dan teknik catat.
Teknik analisis data dalam penelitian kualitatif ini menggunakan teknik analisis data
interaktif. Hasil penelitian 1) terdapat struktur yang ditemukan antara lain, tema, alur,
tokoh, penokohan, latar, gaya bahasa dan amanat. Keterkaitan antar unsur dalam novel
tersebut bersama-sama membentuk suatu makna cerita yang banyak menyimpan nilainilai
edukatif. 2) nilai edukatif yang ditemukan dalam penelitian ini antara lain: nilai
edukatif religi, nilai edukatif moral, nilai edukatif sosial, dan nilai edukatif budaya. 3)
nilai edukatif yang ditemukan relevan sebagai bahan ajar cerita inspiratif. Sesuai
Kompetensi Dasar nilai edukatif telah mencakup kompetensi yang akan dicapai dalam
pembelajaran cerita inspiratif.