PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL KALA KARYA STEFANI BELLA DAN SYAHID MUHAMMAD: PENDEKATAN SOSIOLOGI SASTRA DAN RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA

Authors

  • Chandra Gupta Nur Kartika Sari Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Zainal Arifin Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.37304/enggang.v2i2.3887

Keywords:

pendidikan karakter, novel, bahan ajar

Abstract

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan struktur, nilai pendidikan
karakter dalam novel Kala dan melihat relevansinya sebagai bahan ajar di SMA. Metode
yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data pada penelitian ini berupa data tertulis
novel Kala karya Stefani Bella dan Syahid Muhammad yakni kalimat dan paragraf yang
memuat nilai pendidikan karakter dan relevansinya sebagai bahan ajar. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pustaka, teknik simak dan catat. Teknik
analisis yang dilakukan yakni model semiotik meliputi pembacaan heuristik dan
hermeneutik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pendidikan karakter yang
terkandung dalam novel Kala yakni 14 nilai pendidikan karakter (religius, jujur, toleransi,
disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, menghargai prestasi,
komunikatif, cinta damai, gemar membaca, dan tanggung jawab). 2) Relevansi hasil
penelitian sebagai bahan ajar cukup relevan dilihat dari kesesuaiannya dengan KI dan
KD 3.7 serta KD 4.7 kelas XI SMA.
Kata Kunci: pendidikan karakter, novel, bahan ajar

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-01-01

How to Cite

Nur Kartika Sari, C. G. ., & Arifin, Z. . (2022). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL KALA KARYA STEFANI BELLA DAN SYAHID MUHAMMAD: PENDEKATAN SOSIOLOGI SASTRA DAN RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 2(1), 94–107. https://doi.org/10.37304/enggang.v2i2.3887

Most read articles by the same author(s)