PEMBELAJARAN SENI MUSIK BOTOL KACA BERBASIS PROYEK DENGAN PENDEKATAN STEAM UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA

Authors

  • Agnes Shenita PGSD, FIP, UNESA
  • Widynur Oktavia (PGSD, FIP, UNESA)
  • Nur Aditya Rahman (PGSD, FIP, UNESA)
  • Irena Lisfi Irmareta (PGSD, FIP, UNESA)
  • Heru Subrata
  • Ika Rahmawati
  • Nadia Lutfi Choirunnisa

DOI:

https://doi.org/10.37304/enggang.v3i1.4939

Keywords:

Musik Botol Kaca, Pembelajaran STEAM, Metode Proyek, Kreativitas Siswa

Abstract

ABSTRAK
Alat musik sederhana merupakan suatu media dalam menghasilkan bunyi. Alat musik dapat dibuat dari barang bekas yang merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Kemudian Pendidik menentukan alat musik botol kaca untuk media pembelajaran. Media pembelajaran sangat menentukan tercapainya tujuan pendidikan diimbangi efektivitas proses kegiatan. Dalam mencari solusi pemecahan permasalahan guru menerapkan pembelajaran STEAM melalui metode proyek. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran tentang penerapan pembelajaran untuk (1) Memberikan pengetahuan baru kepada peserta didik, (2) menambah keterampilan dan kreativitas peserta didik terkait seni botol kaca, (3) memberi wawasan dan kegunaan barang bekas yang dapat menghasilkan bunyi nada atau melodi musik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode statistik deskriptif. Teknis pengumpulan data menggunakan observasi dan praktik lapang dalam pengumpulan data. Subjek penelitiannya adalah pada siswa kelas IV yang berjumlah hanya 14 peserta didik karena sistem hybrid. Analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, pengelompokan data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Penerapan pembelajaran STEAM melalui metode proyek di SD Negeri Medalem Kec. Tulangan Kab. Sidoarjo dilakukan melalui tahapan: (1) Langkah pengamatan (Observe), (2) Langkah ide baru (New Idea), (3) Langkah inovasi (Innovation), (4) Langkah kreasi (Creativity), (5) Langkah nilai (Society). Hasil penelitian tentang Penerapan pembelajaran Sains Technologi Engineering Art Matematic melalui metode proyek di SD Negeri Medalem Kec. Tulangan Kab. Sidoarjo dapat mengembangkan aktifitas pembelajaran peserta didik dan kreativitas siswa meningkat.
Kata Kunci: Musik Botol Kaca, Pembelajaran STEAM, Metode Proyek, Kreativitas Siswa

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-06-20

How to Cite

Shenita, A. ., Oktavia , W. ., Aditya Rahman, N. . . ., Lisfi Irmareta , I. ., Subrata , H. ., Rahmawati, I. . ., & Lutfi Choirunnisa, N. . . (2022). PEMBELAJARAN SENI MUSIK BOTOL KACA BERBASIS PROYEK DENGAN PENDEKATAN STEAM UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 2(2), 155–167. https://doi.org/10.37304/enggang.v3i1.4939

Most read articles by the same author(s)