DAMPAK BUDAYA KOREA POP (K-POP) TERHADAP TINGKAT MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI PADANG
DOI:
https://doi.org/10.37304/enggang.v3i1.4941Keywords:
Budaya Korea Dan Motivasi BelajarAbstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengidentifikasi dampak yang ditimbulkan budaya Korea-Pop terhadap tingkat motivasi belajar mahasiswa Universitas Negeri Padang, (2) Mengidentifikasi cara menangkal dampak negatif yang ditimbulkan budaya korea pop terhadap tingkat motivasi belajar mahasiswa Universitas Negeri Padang. Dalam penelitian ini data primer akan diperoleh dari hasil wawancara terhadap seseorang (informan). Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Objek penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Padang dengan berbagai jurusan yang berbeda. Data dalam penelitian ini adalah hasil dari wawancara mahasiswa Universitas Negeri Padang dengan berbagai macam jurusan yang berbeda. Data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini adalah jurnal-jurnal dengan penelitian yang relevan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Dampak Positif dan Negatif Perkembangan K-Pop yang Dirasakan Mahasiswa. Dampak positif dari perkembangan budaya K-Pop dapat meningaktkan semangat belajar bagi mahasiswa sebagai media hiburan di sela-sela istirahat yang dimiliki mahasiswa sebagai penghilang penat. Dampak negatifnya terhadap tingkat motivasi belajar yaitu sering menjadi lupa waktu karena terlalu asyik melihat-lihat budaya K-Pop tersebut, sehingga membuat mahasiswa ketinggalan daalm belajar dan tentunya akan berdampak pada nilai yang akan di dapatkan. Cara mahasiswa membagi waktu dalam mengerjakan tugas dan mendukung K-Pop yaitu dengan membuat jadwal dan prioritas mana yang perlu didahulukan.
Kata Kunci: budaya Korea dan motivasi belajar