PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SLB PERMATA BUNDA KECAMATAN VII KOTO SUNGAI SARIAK

Authors

  • Winda Oktarina
  • Drs. Syamsir, M.Si. Ph.D
  • Awan Hadijah
  • Sri Wahyuni
  • Pepy Arianti

DOI:

https://doi.org/10.37304/enggang.v3i1.4948

Keywords:

Kepemimpinan Dan Kepala Sekolah

Abstract

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah (1)Untuk mengetahui peran kepemimpinan kepala sekolah dalam membina kinerja guru di SLB Permata Bunda Kecamatan VII Koto Sungai Sariak(2),Untuk mengetahui apa saja yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SLB Permata Bunda Kecamatan VII Koto Sungai Sariak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Metode ini menggambarkan atau menjelaskan permasalahan yang ada dengan memberikan jawaban atas permasalahan yang dikemukakan.objek penelitiannya yaitu kepala sekolah langsung yang ada di SLB Permata Bunda Kecamatan VII Koto Sariak. Kegiatan pembinaan kepala sekolah tentunya akan berpengaruh terhadap peningkatan kinerja guru. Keberhasilan sekolah tidak terlepas dari tugas dan tanggung jawab serta peranan kepala sekolah. Jadi peran kepemimpinan kepala sekolah dalam membina kinerja guru di SLB Permata Bunda yaitu sebagai administrator dan supervisor, yang pada dasarnya memberikan layanan profesional untuk membina kinerja guru melalui peningkatan kinerja guru. Kondisi pelaksanaan pembinaan oleh kepala sekolah yaitu kegiatan yang dilakukan untuk mengawasi pelaksanaan administrasi sekolah, tugas rutin guru-guru, ketertiban, disiplin dan keberhasilan sekolah. Kegiatan pembinaan kepala sekolah seperti diatas tentunya akan berpengaruh terhadap peningkatan kinerja guru. Keberhasilan sekolah tidak terlepas dari tugas dan tanggung jawab serta peranan kepala sekolah, Agar terciptanya kinerja guru yang berkualitas dan dapat menjadikan siswa yang berprestasi. Kepala sekolah memberikan kekuatan mental bagi guru, pegawai, dan siswa. Kekuatan mental tersebut mendorong minat dan semangat kerja, serta dapat meningkatkan semangat belajar guru maupun siswa. Kehadiran kepala sekolah ditengah-tengah lingkungannya sangat didambakan sebagai motivasi ekstrinsik, baik bagi siswa maupun guru dan karyawan sebagai mitra kerja. Salah satu faktor kegagalan atau keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai tujuannya salah satunya ditentukan kepemimpinan dalam organisasi atau lembaga tersebut.Kepemimpinan dijadikan oleh organisasi sebagai penggerak supaya kinerja dapat terarah dan mecapai tujuan yang telah ditetapkan salah satunya dalam organisasi pendidikan formal yaitu sekolah.Kepemimpinan sekolah dipimpin oleh seorang kepala sekolah dan dibantu oleh wakil kepala sekolah serta jajaran guru lainnya.
Kata Kunci: kepemimpinan dan kepala sekolah

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-06-20

How to Cite

Oktarina, W. ., M.Si. Ph.D, D. S. ., Hadijah, A. ., Wahyuni, S. ., & Arianti, P. . (2022). PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SLB PERMATA BUNDA KECAMATAN VII KOTO SUNGAI SARIAK. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 2(2), 240–250. https://doi.org/10.37304/enggang.v3i1.4948