STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA OBAT- OBATAN TRADISIONAL DI PASAR KAHAYAN KOTA PALANGKA RAYA (Studi Kasus Toko Pasak Bumi)
DOI:
https://doi.org/10.52850/jsea.v18i1.10646Keywords:
Strategi Pengambang, Obat- obatan tradisional, SWOT, Palangka Raya, Toko Pasak BumiAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi industri pengolahan produk obat tradisional di Toko Pasak Bumi Pasar Kahayan Kota Palangka Raya. (2) Mengetahui strategi apa saja yang dapat di terapkan dalam mengembangkan industri pengolahan produk obat tradisional di Toko Pasak Bumi Kota Palangka Raya. Metode pengumpulan sampel menggunakan purposive sampling didasari atas ciri-ciri tertentu yang dipandang mempunyai hubungan yang erat. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif mengenai analisis IFAS dan EFAS yang mempengaruhi pengembangan Usaha obat-obatan tradisional, nilai bobot, rating dan skor; analisis SWOT untuk menemukan alternatif strategi yang diterapkan dalam pengembangan usaha obat-obatan tradisional toko pasak bumi. Hasil yang diperoleh: (1) faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pengembangan Usaha obat-obatan tradisional toko pasak bumi: faktor internal meliputi permodalan, sumberdaya manusia, pemasaran dan operasional. Faktor eksternal politik,sosial dan lingkungan industri; (3) alternatif strategi yang dapat diterapkan strategi SO (Strengths-Opportunities) dengan memanfaatkan peluang yang ada, serta memaksimalkan kekuatan yang berasal dari internal dan peluang dari eksternal usaha obat-obatan tradisional, sehingga dapat mengembangkan usaha obat-obatan tradisional toko pasak bumi.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Reza Fadila Damanik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.