ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN DAGING AYAM BROILER DI KECAMATAN PAHANDUT KOTA PALANGKA RAYA
DOI:
https://doi.org/10.52850/jsea.v18i2.12654Keywords:
Perilaku Konsumen, Daging Ayam BroilerAbstract
Perilaku konsumen adalah studi tentang bagaimana individu, kelompok dan organisasi memilih, dan membeli serta menggunakan barang, jasa, ide dan pengalaman untuk memuaskan kebutuhan dan keinginannya. Secara keseluruhan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam membeli daging ayam broiler di Kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya adalah: mudah mendapatkannya, harganya yang terjangkau, sebagai penambah gizi keluarga, memberikan rasa puas terhadap keluarga, meningkatkan gengsi dimata masyarakat, dapat diolah sesuai selera, dapat di konsumsi kapan saja. Meningkatkan gengsi dimata masyarakat memiliki penilaian yag paling kecil pada faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam membeli daging ayam broiler. Sedangkan pada peran atau pengaruh anggota keluarga, peran atau pengaruh orang lain, peran atau pengaruh teman, serta peran atau pengaruh tenaga penjual itu memiliki hasil penilaian yang paling sedikit yaitu pada atribut pengaruh orang lain dan pengaruh tega penjual. Dari hasil analisis yang didapat besarnya nilai sikap konsumen dalam pembelian daging ayam broiler di Kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya adalah 42,52 dengan kategori cukup baik. Nilai perilaku konsumen bernilai 25,90 masuk dalam skala baik karena didukung dengan nilai ke empat variabel yang mndukung dan nilai yang diperoleh atau tanggapan yang diperoleh dari responden yang mempunyai nilai positif (lebih dari nol). Skor nilai perilaku diperoleh nilai sebesar 38,16 dan nilai norma subyektif diperoleh sebesar 7,54.