ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN SEMANGKA MERAH TANPA BIJI (Amara F1) DI DESA HENDA KECAMATAN JABIREN RAYA KABUPATEN PULANG PISAU

Authors

  • Desta Marbun Universitas Palangka Raya
  • Revi Sunaryati Universitas Palangka Raya
  • Tri Yuliana Eka Sintha Universitas Palangka Raya
  • Yuni Erlina Universitas Palangka Raya
  • Masliani Masliani Universitas Palangka Raya

Keywords:

Semangka, Pemasaran, Efisiensi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui saluran dan lembaga yang terlibat dalam
pemasaran Semangka Merah Tanpa Biji (Amara F1) serta fungsi-fungsi pemasaran yang
dilakukan dalam pemasaran Semangka Merah Tanpa Biji (Amara F1) di Desa Henda
Kecamatan Jabiren Raya Kabupaten Pulang Pisau, 2)menganalisis margin, biaya, keuntungan
pemasaran Semangka Merah Tanpa Biji (Amara F1) dan bagian petani di Desa Henda
Kecamatan Jabiren Raya Kabupaten Pulang Pisau, dan 3) menganalisis efisiensi pemasaran
Semangka Merah Tanpa Biji (Amara F1) tiap saluran pemasaran di Desa Henda Kecamatan
Jabiren Raya Kabupaten Pulang Pisau. Saluran pemasaran Semangka Merah Tanpa Biji(Amara
F1) di Desa Henda yaitu, saluran pemasaran I hanya melibatkan satu lembagapemasaran yaitu
pedagang ecer di Kabupaten Pulang Pisau. Alurnya dimulai dari petani, pedagang ecer dan
konsumen dan saluran pemasaran II melibatkan dua lembaga pemasaran yaitu pedagang besar
di Kota Palangka Raya dan pedagang ecer di Kota Palangka Raya. Alurnya dimulai dari petani,
pedagang besar, pedagang ecer dan konsumen. Fungsi-fungsi pemasaran yang dilakukan dalam
pemasaran Semangka Merah Tanpa Biji (Amara F1) yaitu pada saluran pemasaran I dan
saluran pemasaran II terdiri atas fungsi pertukaran (exchange function) berupa fungsi penjualan
dan fungsi pembelian, fungsi fisik (physical function) berupafungsi pengangkutan dan fungsi
penyimpanan, fungsi fasilitas (facility function) berupa fungsi pembiayaan, fungsi
penanggungan resiko dan fungsi informasi pasar. Saluran pemasaran I (saluran tingkat satu)
dalam pemasaran Semangka Merah Tanpa Biji (Amara F1) di Desa Henda Kecamatan Jabiren
Raya Kabupaten Pulang Pisau, margin pemasaran sebesar Rp.2.000/kg, biaya pemasaran
sebesar Rp.79/kg, keuntungan pemasaran Rp.1.921/kg, bagian petani (farmer’s share) sebesar
80%. Saluran pemasaran II (saluran tingkat dua) dalampemasaran Semangka Merah Tanpa Biji
(Amara F1) di Desa Henda Kecamatan Jabiren Raya Kabupaten Pulang Pisau, margin
pemasaran sebesar Rp.6.000/kg, biaya pemasaran sebesar Rp.808/kg, keuntungan pemasaran
Rp.5.192/kg, bagian petani (farmer’s share) sebesar 50%. Efisiensi pemasaran Semangka
Merah Tanpa Biji (Amara F1) di Desa Henda Kecamatan Jabiren Raya Kabupaten Pulang
Pisau, pada saluran pemasaran I (saluran tingkat satu) sebesar20% dan saluran pemasaran II
(saluran tingkat dua) sebesar 50%. Kedua saluran pemasaran tersebut tergolong efisien, namun
berdasarkan pengamatan di lokasi penelitian petani lebih banyak memilih saluran pemasaran
II (saluran tingkat dua) karena saluran pemasaran tersebut dianggap lebih efektif dalam
memasarkan jumlah produksi semangka yang tinggi melalui pedagang besar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

28-02-2024