PELUANG PEMASARAN DIGITAL DALAM MENGEMBANGKAN PERILAKU EKOWISATA MELALUI PESONA DESTINASI MANASA PALANGKARAYA

Authors

  • Syamsuri Yusup Universitas Palangka Raya
  • Betrixia Barbara
  • Citra Dyah Veronica Universitas Palangka Raya
  • , Ikramina Yusti Amina Universitas Negeri Malang

Keywords:

pemasaran digital, perilaku ekowisata, usaha agrowisata

Abstract

Strategi alternatif yang paling komprehensif adalah ekowisata yang mampu
mengintegrasikan kesejahteraan masyarakat, konservasi lingkungan, dan
pembangunan ekonomi. Industri ekowisata di Palangka Raya relatif tidak
berkembang dan memiliki potensi yang signifikan. Salah satu bagian dari
ekowisata adalah mengembangkan usaha agrowisata. Agrowisata
mempunyai manfaat peningkatan nilai komersial. Namun ada hambatan
perilaku pengunjung dalam melestarikan dan penggunaan digital dalam
mempromosikan destinasi Manasa. Adanya keunggulan dan kelemahan
usaha agrowisata Manasa harus mempertimbangkan inisiatif pembangunan
regional. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan faktor dan strategi
penggunaan digital dalam mengembangkan perilaku ekowisata untuk usaha
agrowisata Manasa Kota Palangka Raya. Desain kuantitatif dan kualitatif
menggunakan analisis SWOT. Pengumpulan data dengan purposive
sampling. Penelitian ini melibatkan 40 responden wisatawan dari 10% jumlah
rerata dalam satu bulan. Studi ini menemukan bahwa citra destinasi
berhubungan positif dengan ekowisata sebagai kontribusi teoritis. Temuan
studi ini menunjukkan bahwa pengunjung, pemerintah, industri pariwisata,
dan masyarakat dapat menggunakan strategi pemasaran digital untuk
mendorong perilaku ekowisata dalam mengembangkan usaha agrowisata
Manasa Palangka Raya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

28-02-2024