Analisis Sikap Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Daging Sapi Pada Pasar Tradisional Di Kota Palangka Raya

Authors

  • Tamada Sitohang Universitas Palangka Raya Prodi Agribisnis
  • Revi Sunaryati Universitas Palangka Raya Prodi Agribisnis
  • Yuni Erlina Universitas Palangka Raya Prodi Agribisnis
  • Tri Yuliana Universitas Palangka Raya Prodi Agribisnis
  • Eti Dewi Nopembereni Universitas Palangka Raya Prodi Agribisnis

DOI:

https://doi.org/10.52850/jsea.v19i2.19141

Keywords:

Sikap Konsumen, Pembelian, Daging Sapi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap konsumen terhadap atribut daging sapi di Pasar tradisional Kota Palangka Raya serta untuk mengetahui proses keputusan pembelian daging sapi pada Pasar Tradisional Kota Palangka Raya. Untuk mengetahui sikap konsumen menggunakan analisis Multiatribut Fishbein dan untuk mengetahui proses keputusan pembelian konsumen menggunakan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa sikap konsumen dalam keputusan pembelian daging sapi di Pasar Tradisional Kota Palangka Raya secara keseluruhan adalah positif dengan nilai sikap 137,62. Hal ini menunjukan bahwa secara umum konsumen memiliki pandangan positif terhadap produk daging sapi di Pasar tradisional. Atribut kesegaran mendapat perhatian tinggi dari konsumen dengan kategori sangat positif dimana dengan nilai 20,78. Atribut tekstur (18,44), pelayanan (18,15) dan warna (18,05) masuk dalam kategori yang positif sedangkan atribut lokasi (15,38), harga (15,01) dan atribut kebersihan (14,87) masuk pada kategori netral. Proses pengambilan keputusan pembelian daging sapi di Pasar tradisional dimulai dengan tahap pengenalan kebutuhan mengenai motivasi mengkonsumsi daging sapi, pada tahap ini sebanyak 57% konsumen memilih mengkonsumsi daging sapi dengan alasan sebagai pelengkap menu makanan. Sumber informasi terbanyak yang diperoleh konsumen pada tahap pencarian informasi adalah dari diri sendiri yaitu sebanyak 53 %. Pada tahap evaluasi alternatif, pertimbangan konsumen dalam membeli daging sapi di Pasar tradisional adalah atribut fisik daging sapi yaitu sebanyak 45%. Pada tahap keputusan pembelian sebanyak 77% melakukan pembelian secara terencana. Pada tahap pasca pembelian sebanyak 100% konsumen menyatakan puas terhadap pembelian daging sapi di Pasar tradisional, frekuensi pembelian paling banyak adalah sekali sebulan dengan persentase 33%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Badan Pusat Statistik Kota Palangka Raya. 2023. Data Produksi Daging Sapi di Kota Palangka Raya. Palangka Raya.

Badan Pusat Statistik Kota Palangka Raya. 2023. Jumlah Penduduk Kota Palangka Raya. Palangka Raya.

Bernadien, Y.M. 2012. Sikap dan Faktor- faktor yang Mempengaruhi Pembelian Daging Sapi Lokal dengan Daging Sapi Impor (Studi Kasus di Kecamatan Setiabudi, Kotamadya Jakarta Selatan, DKI Jakarta). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Damiati. 2017. Perilaku Konsumen. PT Rajagrafindo Persada, Depok.

Dano, A.H. 2004. Analisis Keputusan Lokasi Pembelian dan Preferensi terhadap Atribut Daging Sapi Segar. Skripsi. Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Daryanto, A. 2011. Peranan Modal Sosial dalam Pembangunan Peternakan. Trobos Edisi Januari 2011. Bandung.

Endang, P. 2008. Analisis Preferensi Dan Kepuasan Konsumen terhadap Beras Di Kecamatan Mulyorejo Surabaya Jawa Timur. Skripsi. Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Engel, J.F., Blackwell, G.D., & Minard,

P.W. 2001. Perilaku Konsumen Jilid I, Edisi Keenam. Binapura Aksara. Jakarta.

Hidayati & Yesi. 2016. Analisis Preferensi Konsumen dalam Membeli Daging Sapi di Pasar Ternak Gunung Medan Kabupaten Dharmasraya Sumatera Utara. Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Dharmas Indonesia. Padang.

Kementrian Kesehatan. 2009. Klasifikasi Umur Menurut Kategori. Direktorat Jendral Pelayanan Kesehatan. Jakarta.

Kotler, P & Armstrong, G. 2012. Prinsip- prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Erlangga. Jakarta

Kotler, P & Keller, K. L. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua belas. Jilid 1. Erlangga. Jakarta.

Kurniawan, M. 2016. Analisis Perbandingan Perilaku Konsumen yang Berbelanja Bahan Makan Harian di Pasar Modern dan Pasar Tradisional. Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Medan Area. Medan.

Manggala. Y. 2017. Pengaruh Gender Terhadap Pengambilan Keputusan Rumah Tangga Indonesia. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Mowen, J.C., & Minor, M. 2002. Perilaku Konsumen.Edisi kelima. Terjemahan: Salim, L. Jilid 1. PT Gelora Aksara Pratama. Jakarta.

Nugrahani, F.S. 2019. Preferensi Konsumen Rumah Tangga Dalam Pembelian Daging Sapi Di Pasar Tradisional Kota Bogor. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Siregar, R.S. 2018. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Membeli Daging Sapi di Medan. Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Medan Area. Medan

Soeparno. 2009. Ilmu dan Teknologi Daging. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sumarwan, U. 2020. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Edisi Kedua. Ghalia Indonesia. Bogor.

Suprapti, S. 2009. Perilaku Konsumen. Udayanan University Press. Denpasar

Suryani, T. 2013. Perilaku Konsumen di Era Internet. Graha Ilmu. Yogyakarta

Downloads

Published

01/20/2025

How to Cite

Sitohang, T., Sunaryati, R., Erlina, Y., Yuliana, T. ., & Nopembereni, E. D. (2025). Analisis Sikap Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Daging Sapi Pada Pasar Tradisional Di Kota Palangka Raya. JOURNAL SOCIO ECONOMICS AGRICULTURAL, 19(2), 167–183. https://doi.org/10.52850/jsea.v19i2.19141