STRATEGI PEMASARAN TANAMAN HIAS PADA CV. DIAN PURNAMA DI KOTA PALANGKA RAYA
DOI:
https://doi.org/10.52850/jsea.v17i2.7526Keywords:
Tanaman Hias, Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Ornamental Plants, Marketing Strategy, SWOT AnalysisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1). Mengetahui faktor-faktor apa saja yang terdapat dalam lingkungan internal dan eksternal pemasaran tanaman hias usaha CV. Dian Purnama. 2). Menentukan strategi pemasaran yang tepat pada usaha CV. Dian Purnama. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di Jl. Yos Sudarso No.66 Kecamatan Jekan Raya Kelurahan Menteng Kota Palangka Raya yang dilakukan selama 1 tahun terhitung dari April 2021 hingga Maret 2022. Jenis dan sumber data yang dipakai dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan memberikan kuisioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa posisi usaha CV. Dian Purnama pada kuadran SWOT berada pada kuadran 1 (0,689 : 0,813), artinya posisi usaha tersebut pada situasi yang sangat menguntungkan. Perusahaan tersebut memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (growth oriented strategy).
The objectives of this research are : 1). Knowing what factors are contained in the internal and external environment of CV. Dian Purnama's ornamental plant marketing business. 2). Determine the right marketing strategy for CV. Dian Purnama's business. This research is a quantitative and qualitative research. The research was conducted on Jl. Yos Sudarso No.66 Jekan Raya District, Menteng Village, Palangka Raya City, which was carried out for 1 year from April 2021 to March 2022. The types and sources of data used in this study were primary data and secondary data. Methods of collecting data by means of observation, interviews, and questionnaires. The results showed that CV Dian Purnama's business position in the SWOT quadrant was in quadrant 1 (0.689: 0.813), meaning that the business position was in a very profitable situation. The company has opportunities and strengths so that it can take advantage of existing opportunities. The strategy that must be applied in this condition is to support aggressive growth (growth oriented strategy).
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Zakaria Hanelunu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.