Analisa Kepuasan Masyarakat Terhadap Puskesmas Pahandut Menggunakan Metode Servqual

Authors

  • Rizaldi Amrullah Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Palangka Raya
  • Putu Bagus A.A. Putra Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Palangka Raya
  • Nova Noor Kamala Sari Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.47111/jointecoms.v4i2.15276

Keywords:

Puskesmas, Servqual, Website, Waterfall

Abstract

Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perorangan tingkat pertama. Pada proses penilaian kepuasan pasien di Puskesmas Pahandut saat ini, masih menggunakan kotak saran sebagai penghubung antara pasien dan para pelayanan kesehatan. Oleh karena itu, perlu dilakukan perancangan sebuah aplikasi yang diharapkan dapat memfasilitasi Puskesmas Pahandut dalam proses penilaian kepuasan terhadap kinerja yang ada dengan Metode Servqual. Metodologi yang digunakan dalam aplikasi Analisa Kepuasan Masyarakat Terhadap Puskesmas Pahandut ini adalah waterfall. Pengujian menggunakan metode blackbox

Hasil penelitian ini adalah sebuah analisis data yang tersedia, dapat dilihat bahwa setiap poli mempunyai nilai gap cenderung ke negative, misalkan poli pemeriksaan umum gap terendahnya yaitu -1,84 dan poli kia/kb nilai gap terendahnya adalah -2,8 , yang artinya bahwa harapan dari responden cenderung lebih besar dari nilai sesungguhnya, maka dari itu dapat disimpulkan tampaknya terdapat beberapa kelemahan yang perlu segera diperbaiki dalam layanan kesehatan. 

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Amrullah, R., Putra, P. B. A., & Sari, N. N. K. . (2024). Analisa Kepuasan Masyarakat Terhadap Puskesmas Pahandut Menggunakan Metode Servqual. JOINTECOMS (Journal of Information Technology and Computer Science), 4(2), 141–154. https://doi.org/10.47111/jointecoms.v4i2.15276

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.