Analisa Kepuasan Masyarakat Terhadap Puskesmas Pahandut Menggunakan Metode Servqual
DOI:
https://doi.org/10.47111/jointecoms.v4i2.15276Keywords:
Puskesmas, Servqual, Website, WaterfallAbstract
Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perorangan tingkat pertama. Pada proses penilaian kepuasan pasien di Puskesmas Pahandut saat ini, masih menggunakan kotak saran sebagai penghubung antara pasien dan para pelayanan kesehatan. Oleh karena itu, perlu dilakukan perancangan sebuah aplikasi yang diharapkan dapat memfasilitasi Puskesmas Pahandut dalam proses penilaian kepuasan terhadap kinerja yang ada dengan Metode Servqual. Metodologi yang digunakan dalam aplikasi Analisa Kepuasan Masyarakat Terhadap Puskesmas Pahandut ini adalah waterfall. Pengujian menggunakan metode blackbox.
Hasil penelitian ini adalah sebuah analisis data yang tersedia, dapat dilihat bahwa setiap poli mempunyai nilai gap cenderung ke negative, misalkan poli pemeriksaan umum gap terendahnya yaitu -1,84 dan poli kia/kb nilai gap terendahnya adalah -2,8 , yang artinya bahwa harapan dari responden cenderung lebih besar dari nilai sesungguhnya, maka dari itu dapat disimpulkan tampaknya terdapat beberapa kelemahan yang perlu segera diperbaiki dalam layanan kesehatan.